Kegiatan P2TP2 dibuka Wabup

Wakil Bupati Sekadau membuka kegiatan pembentukan kelembagaan pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan (P2TP2) di Gedung Ketaketik, Kota Sekadau, Jumat (28/10/2016).

 

Kepala Kantor Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A) Kabupaten Sekadau Elsa Setyaningsih mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan. Selain itu, kata dia, untuk menanggulangi segala tindak kekerasan terhadap perempuan. Dengan adanya P2TP2 itu, kata dia, sebagai wadah upaya fasilitasi meningkatkan kemampuan, keterampilan, kemandirian dan juga meningkatkan pelayanan konsultasi serta permasalahan dialami perempuan.“Tapi ini semua perlu kepedulian dari semua pihak, baik masyarakat maupun lembaga-lembaga pemerintah dan aparat penegak hukum,” ujarnya. Hal itu, kata dia, untuk memberikan kontribusi terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender. Elsa mengatakan, dengan adanya kegiatan kelembagaan P2TP2 dapat menyediakan data terpilah jenis kelamin dan informasi tentang isu pemberdayaan bagi masyarakat. “Ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan yang dikelola masyarakat secara mandiri,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sekadau Aloysisus menyambut baik baik kegiatan ini dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mengatakan, hal itu bukan saja tanggungjawab pemerintah melainkan kerjasama semua pihak.“Kami menyambut baik kegiatan ini. Semoga dapat memberikan pengetahuan dan wawasan serta bisa mengembangankan P2TP2,” kata dia. Ia pun mengatakan, tentunya nanti akan dibuat regulasi, termasuk rumah singgah. Rumah singgah itu, kata dia, bisa dijadikan sebagai tempat untuk memberdayakan perempuan dengan adanya ahli psikologi. “Apalagi adanya perempuan sebagai korban traficking dan lain sebagainya. Saat ini memang belum ada rumah singgah. Namun, ini nanti perlu dibuat regulasinya bagaimana nantinya dengan adanya rumah singgah itu bisa memberikan motivasi, semangat bagi perempuan yang menjadi korban,” jelas Aloysius.

Selain itu, juga hadir Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Provinsi Kalimantan Barat, Anna Verdiana Iman Kalis, Kapolres Sekadau AKBP Yury Nurhidayat, Kepala Kantor KBP3A Sekadau Elsa Setyaningsih, Anggota DPRD Sekadau, jajaran SKPD,  tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.

You are here: