Pimpin Upacara Hari Pahlawan, Bupati : Bangkitkan Semangat Pahlawan

Bupati Sekadau Rupinus, SH.M.Si memimpin langsung upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November di halaman kantor bupati. Upacara di ikuti ratusan PNS, perwakilan TNI dan polri serta sejumlah pelajar, Kamis (10/11)

 

Upacara tersebut juga diikuti Wakil Bupati Sekadau, Alousius, SH.M.Si, Kapolres Sekadau AKBP Yury Nurhidayat SIK serta sejumlah pimpinan SKPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Sekadau.

Semangat pahlawan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat dan mutlak dengan tiada mengecualikn suatu golongan dan lapisan.”semangat kepahlawanan adalah semnagat membentuk dan membangun bangsa” ucap rupinus. “semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealism dengan mengutamakan kepentingan pribadi” lanjut Bupati Sekadau saat membacakan amanah tertulis Mensos RI.

Setiap zaman memiliki tantangannya tersendiri. Dan oleh karena itu setiap zaman harus memngembangkan respon kepahlawanan yng sesuai dengan zamannya. “ setelah Indonesia merebut kemerdekaannya, semangat kepahlawan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotism defensif, kita butuh yang lehib positif dan progresif” tagas Rupinus.

Patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri. Untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa hari ini, patriotisme progresif dituntut menghadirkan kemandirian bangsa tanpa terperosok pada sikap anti-asing

Tantangan dan persoalan yang kita hadapi saat ini memang berat. Akan tetapi, kita tidak boleh putus pengharapan. Para Pahlawan Kusuma Bangsa mengajarkan pada kita arti penting perjuangan, ketabahan dan harapan. Bahwa barang siapa yang ingin memiliki mutiara harus kuat menahan nafas, dan berani terjun menyelami samudera yang sedalam-dalamnya.

Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016 yang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, kita dapat mengambil makna yang terkandung di dalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita semua seperti  taqwa kepada Tuhan YME, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para Pahlawan Bangsa.

Dengan suatu tekad dan ketulusan untuk bersama-sama saling bahu-membahu dan dilandasi oleh makna dan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong, maka saya yakin bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda dan dapat menjadi bangsa pemenang yang mampu bersaing dengan bangsa lai, ini sejalan sengan tema hari pahlawan 2016 Satukan Langkah Untuk Negeri. “Tema ini juga mengandung pesan kepada kita semua untuk bersatu dalam kebersamaan dan kebersamaan dalam persatuan untuk mewujudkan cita-cita negeri yang kita cintai ini.”pungkas Bupati

You are here: