Bupati Buka Evaluasi Desa

Bupati Sekadau , Rupinus membuka kegiatan evaluasi penyelenggaraan pemerintah desa se Kabupaten Sekadau di Aula kantr Bupati pada Senin (28/11). Kegiatan yang dilakukan sehingga adanya sikronisasi antara pemdes dan bupati, serta kades dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD).

 

Bupati Sekadau Rupinus menyatakan, evaluasi dalam rangka bersama-sama melihat sejauh mana keberhasilan pembangunan di desa."Tujuan kegiatan adalah untuk bersama-sama menyusun program dan pembahasan APBDs serta menyusun peraturan desa antara kepala desa dengan BPD," ungkap bupati Rupinus. Ia mengharapkan adanya sinkronisasi antara kepala desa dan BPD agar tidak muncul permasalahan. Ditegaskan bupati, perdes yang dirancang kepala desa harus dibahas BPD.  "Tugas BPD adalah mengawasi jalannya program desa bukan mengawasi keuangan desa," terangnya.

Rupinus menjelaskan secara umum tugas-tugas di desa harus disinkronisasi dengan program di instansi kabupaten agar tidak tumpang tindih dalam pembangunan. Bupati juga mengingatkan ada batasan antara program pembangunan kabupaten dan desa agar tidak menjadi temuan dalam penggunaan anggaran. "Pemerintahan desa harus ada koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan kabupaten. Bila ada permasalahan di desa, agar kades berkonsultasi kepada camat atau dinas serta instansi terkait," pesannya.

Sebelum menutup Sambutannya, bupati juga meminta agar pemerintahan desa memahami tugas pokok serta terus belajar guna memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai aturan yang berlaku.

kp,ba

You are here: