Dukcapil Kab.Sekadau Gelar Rapat Koordinasi Kependudukan

Dukcapil Kab.Sekadau Gelar Rapat Koordinasi Kependudukan

Dukcapil Kab.Sekadau Gelar Rapat Koordinasi Kependudukan

 

Madah Sekadau – Sekadau Hilir, Bupati Sekadau Rupinus membuka kegiatan rapat koordinasi pelaksanaan kebijakan kependudukan yang di selenggarakan di gedung kateketik Sekadau, Kamis (27/9/2018). Rapat tersebut membahas tentang pemanfaatan data kependudukan dan penerapan kartu keluarga format baru.

Rupinus menyampaikan bahwa kegiatan rapat koordinasi pelaksanaan kebijakan kependudukan ini merupakan upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau untuk mempercepat kepemilikan dokumen kependudukan, sehingga masyarakat Kabupaten Sekadau mendapatkan data kependudukan perseorangan dan perlindungan hukum.

"Berdasarkan kondisi saat ini, masih banyak penduduk Sekadau belum melakukan perekaman KTP elektronik dan belum memiliki Dokumen, Akta, dan Pencatatan Sipil," Tutur Rupinus.

"Sehingga, saya menekankan kepada kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sekadau untuk memprioritaskan kepemilikan dokumen kependudukan kepada seluruh penduduk Sekadau, terutama menjelang pemilihan Presiden dan pemilihan legislatif tahun 2019 agar seluruh masyarakat Sekadau yang memenuhi syarat dapat mendapatkan hak pilih dalam pemilu tahun 2019 mendatang," Tegasnya.

Penyelenggaraan kegiatan rapat koordinasi pelaksanaan kebijakan kepedudukan adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan yang mana sesuai dengan materi yang akan disampaikan dalam rapat ini adalah tentang pemanfaatan data kependudukan dan sosialisasi kartu keluarga (KK) dengan format baru. 

Menurut kepala bidang pelayanan pendaftaran penduduk dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kab.Sekadau, Wiwik Sutianingsih mengatakan ada sekitar kurang lebih 15.000 jiwa penduduk di Kabupaten Sekadau yang belum melakukan perekaman KTP elektronik, untuk itu pada sosialisasi ini akan disampaikan desa-desa yang penduduknya belum melakukan perekaman. Selain itu ia juga berharap akan kerjasama dari beberapa SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau khususnya dalam pemanfaatan data dari Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil yang disampaikan dalam rapat tersebut.

"Jadi untuk SKPD tertentu seperti Rumas Sakit, Dinas Kominfo, serta Kepegawaian untuk kerjasamanya dalam pemanfaatan data kependudukan yang telah kami sampaikan dalam rapat koordinasi pelaksanaan kebijakan kependudukan ini," Terang Wiwik.

"Untuk penerapan Kartu kelurga format baru akan ada penambahan beberapa item baru seperti penambahan penganut kepercayaan. Selain itu, saya juga berharap kepada kepala Desa untuk mengumpulkan warganya yang belum melakukan perekaman KTP elektronik untuk segera dikumpulkan kapan saja kami siap turun untuk melakukan perekaman", Lanjutnya.

Rapat koordinasi pelaksanaan kebijakan kependudukan ini diikuti oleh Asisten dan staf ahli, Kepala SKPD, Kepala Bagian, Camat, Kasi Paten Kecamatan, Kepala Desa, dan Kasi Pemerintahan Desa Sekabupaten Sekadau. (Madah Sekadau/Yandi/Kasih/Rija).