Tahun Baru Hijriah sebagai Momentum untuk Kebangkitan Umat

Tahun Baru Hijriah sebagai Momentum untuk Kebangkitan Umat

Tahun Baru Hijriah sebagai Momentum untuk Kebangkitan Umat

 

Madah Sekadau – Sekadau Hilir, Tahun baru Hijriah hendaknya kita jadikan sebagai momentum untuk kebangkitan bagi umat islam untuk membangun dirinya dan membangun masyarakat dalam menuju masyarakat yang sejahtera lahir dan bathin, demikian tausyiah yang disampaikan oleh Ketua MUI Kabupaten Sekadau, Kiyai Mudlar, pada acara Pengajian Umum Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam Tahun 1440 Hijriah yang di selenggarakan oleh BKMT Kecamatan Belitang Hilir bertempat di Masjid Al-Ikhlas Desa Melanjan Kecamatan Belitang Hilir, Minggu(23/9/2018)

Setiap tahun secara rutin selalu diadakan peringatan tahun baru islam yang dalam pelaksnaannya selalu semarak diisi dengan berbagai kegiatan baik pertandingan maupun perlombaan, dalam peringatan tahun baru islam tersebut kita selalu mengenang kembali pada peristiwa terjadi hijrahnya Nabi Muhammad SAW  dari kota Mekah ke Madinah dalam rangka menjalankan dakwah dengan penuh heroik dengan berbagai tantangan dan rintangan yang dihadapi pada saat itu.

Peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad SAW  tersebutlah diambil sebagai awal mula dari perhitungan Kalender Islam yang kita pakai saat ini, untuk itu hendaknya peringatan tahun baru islam kita harus dapat mengambil hikmahnya untuk  meningkatkan kualitas  ibadah kita kepada Allah SWT, dengan semangat tahun baru islam itu dalam membangun bangsa dan Negara kita umat islam harus dapat memberikan kontribusi  bagi kepentingan bangsa dan Negara.

Dalam mengimplementasikan nilai-nilai agama kita harus seimbang antara hubungan dengan Allah dan hubungan antara sesama manusia, dimana hubungan dengan Allah harus diimplementasikan dengan hubungan harmonis dengan sesama manusia.

Ketua PHBI Kabupaten Sekadau H. Salim dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan pengajian umum yang dilaksanakan oleh BKMT.

“Ini adalah sinergi dengan kegiatan PHBI Kabupaten Sekadau, sehingga PHBI Kabupaten Sekadau selama ini selalu siap bekerja sama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan kegiatannya salah satunya dengan BKMT.” Jelasnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Muhammad, mengatakan bahwa kegiatan Pengajian Umum ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari besar islam.

“Kegiatannya dimulai pada saat 1 Muharam yang lalu dan puncaknya adalah pada hari ini.” Ungkap Muhammad.

Acara ini juga diisi dengan pembagian hadiah lomba kepada para peserta dari beberapa cabang. (MadahSekadau/Anwar/Achmad)