Guna Ciptakan Generasi Yang Berkualitas, Bupati Sekadau Resmikan Kampung KB di Desa Sei. Ayak II

Guna Ciptakan Generasi Yang Berkualitas, Bupati Sekadau Resmikan Kampung KB di Desa Sei. Ayak II

Guna Ciptakan Generasi Yang Berkualitas, Bupati Sekadau Resmikan Kampung KB di Desa Sei. Ayak II

 

Madah Sekadau - Belitang Hilir, Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sekadau bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaksanakan pencanangan kampung KB yang dilaksanakan di Dusun Enteras Desa Sungai Ayak II Kec. Belitang Hilir Kabupaten Sekadau, Kamis (4/10/2018).

Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan upaya untuk menekan pelonjakan jumlah penduduk di Kabupaten Sekadau,  Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau bersama pihak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Prov.Kalimantan Barat terus melaksanakan kegiatan program Kampung KB yang selama ini telah diimplementasikan dibeberapa Desa khusunya yang ada di Kabupaten Sekadau.

Kegiatan Pencanangan Kampung KB di Dusun Enteras Desa Sungai Ayak II tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Sekadau dengan pemukulan gong serta penandatanganan prasasti yang menandakan secara resmi bahwa Dusun Entaras telah dicanangkan sebagai Kampung KB.

Bupati Sekadau Rupinus dalam sambutannya mengungkapkan Kampung Keluarga Berencana merupakan wujud keterpaduan program dan lintas sektor dalam menurunkan angka kemiskinan serta mendekatkan pembangunan kepada masyarakat.

“Kita harus berbangga karena Dusun Enteras Desa Sungai Ayak II dianggap layak menjadi kawasan pencanangan, serta partisipasi masyarakat yang luar biasa sehingga diharapkan kedepannya dari segala sisi pembangunan di Desa diharapkan dapat menjadi lebih baik lagi,” Ungkap Rupinus.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan ST Emanuel menjelaskan pengalokasian kampung KB yang ada di kabupaten Sekadau, serta jumlah Desa keseluruhan yang akan dicanangkan menjadi kampung KB.

“Pada tahun 2018 ini Kabupaten Sekadau dialokasikan dari Perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar sebanyak 10 Kampung KB dan telah yang telah dicanangkan satu kampung KB yaitu di Desa Tanjung pada awal bulan lalu, dan hari ini akan dicanangkan Kampung KB di Dusun Enteras Desa Sei. Ayak Dua Kec. Belitang Hilir. Sehingga sampai dengan tahun 2018 jika semua dapat dicanangkan, maka di Kabupaten Sekadau terdapat 18 Kampung KB” Jelas ST Emanuel.

Penetapan Dusun Enteras Desa Sei Ayak II sebagai Kampung KB telah memenuhi kriteria pembentukan Kampung KB baik dilihat dari kriteria utama seperti capaian ber-KB yang masih rendah, yang mana terlihat dari ibu-ibu yang ber-KB dengan metode kontrasepsi jangka panjang seperti implan, IUD dan MOW di Dusun Enteras Baru 1 orang yang ber-KB implan.

Kepala BKKBN Prov Kalbar Kusmana pada saat diwawancarai menyampaikan bahwa program KB ini adalah upaya Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat dan ia juga berharap dengan program Kampung KB ini dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Dengan adanya kampung KB sebagai entry point dalam pembangunan SDM dan mudah-mudahan akan dapat meningkatkan IPM khususnya di Kalimantan Barat, karena kita paham bahwa SDM dengan indikator tiga Kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi menjadi IPM penduduk indonesia.” Ucap Kusmana

“Semua itu akan menjadi ciri dan cara bahwa bangsa indonesia akan bisa bersanding dan bertanding di tingkat Internasional melalui program kesehatan dari kampung KB itu sendiri.” Tambahnya

Diakhir acara Rupinus bersama Kepala BKKBN Prov Kalbar dan rombongan meninjau langsung posko pelayanan kesehatan gratis yang disediakan oleh  Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sekadau di Dusun Enteras tersebut, dan dari pemantauannya sudah ada 12 orang yang pasang KB MKJP inplan. (Madah Sekadau/Achmad/Kasih/Yandi)