Lomba Karya Ilmiah Tingkat SMA Sebagai Upaya Untuk Menggali Potensi Pelajar di Kabupaten Sekadau

Lomba Karya Ilmiah Tingkat SMA Sebagai Upaya Untuk Menggali Potensi Pelajar di Kabupaten Sekadau

Lomba Karya Ilmiah Tingkat SMA Sebagai Upaya Untuk Menggali Potensi Pelajar di Kabupaten Sekadau

 

Madah Sekadau – Sekadau Hilir, Dalam upaya untuk memfasilitasi aktualisasi kompetisi dan potensi keilmiahan para pelajar, Pemerintah Kab.Sekadau yang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan melaksanakan lomba karya ilmiah yang diselenggarakan di ruang serba guna kantor Bupati Sekadau, Jum’at (12/10/2018).

Kegiatan karya ilmiah ini merupakan upaya untuk meransang dan meningkatkan kemampuan pola pikir para pelajar dalam berpikir secara ilmiah, kreatif, responsif, dan berinovasi. Agar tanggap terhadap isu-isu penting dan strategis yang berkembang dalam kehidupan sehari-hari.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius mengapresiasi kegiatan tersebut, dan ia berharap dengan kegiatan karya ilmiah ini para pelajar mampu mencurahkan dan menemukan kreatifitasnya untuk membuat hal-hal yang baru, sehingga meningkatkan semangat dalam berkarya.  

“Kita patut memberi apresiasi untuk kegiatan ini, sehingga anak-anak kita mampu untuk mencurahkan dan menemukan kreatifitasnya untuk membuat segala sesuatu atau inovasi-inovasi baru yang dituangkan dalam lomba karya ilmiah ini, sehingga mereka memiliki semangat baru dalam berkarya”,Ungkap Aloysius.

“Kedepan, saya berharap di Kabupaten Sekadau khususnya pada lomba karya ilmiah ini tidak hanya untuk tingkat pelajar SMA saja, tapi mungkin tingkat SD dan SMP juga adakan sehingga semua bisa berkesinambungan”, Tambahnya.

Selanjutnya Sekretaris Bappeda Litbang Kab.Sekadau, Theresia Lili mengatakan, penyelenggraan kegiatan ini adalah upaya untuk menggali dan meningkatkan pola pikir para pelajar agar mampu memberikan inovasi-inovasi terbaru, terutama secara akademis yang menjadi tujuan penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Harapan Bappeda Litbang terutama kepada para peserta lomba, agar tidak berhenti hanya sampai disini, terus lakukan inovasi-inovasi, karena kedepannya untuk peserta pemenang perlombaan akan kita ikut sertakan dalam perlombaan ditingkat Provinsi, dan kalau berhasil ditingkat Provinsi maka akan kita ikut sertakan dalam tingkat Nasional”,Terang Lili.

Lomba karya ilmiah diikuti sebanyak 19 peserta yang terdiri 8 peserta perseorangan dan 11 peserta berkelompok, dan dari total keseluruhan peserta sebanyak 37 orang yang masing-masing  berasal dari utusan sekolah tingkat menengah atas yang ada di Kabupaten Sekadau, terdiri dari SMAN 1 Sekadau Hilir, SMAN 2 Sekadau Hilir, SMAN 1 Sekadau Hulu, SMAN 1 Nanga Mahap, SMAN 1 Belitang Hilir, dan SMAN 1 Nanga Taman.

Untuk pemenang lomba karya ilmiah, juara pertama dimenangkan oleh Yuvina seran dan Maria Elmia Shilviantika yang berasal dari SMAN 1 Sekadau Hilir, juara kedua Hesti Cristianti, Helgorio Gerunia, dan Vloviona Rianti dari SMAN 1 Sekadau Hilir, juara ketiga Ricky Alesandro, Yupentus Bio Samuel, dan Andi Annisa Septianna dari SMAN 2 Sekadau Hilir.

Salah satu pemenang lomba karya ilmiah ini, Yuvina Seran merasa sangat gembira, karena mampu memenangkan perlomaan karya ilmiah ini.

“Saya sangat gembira dan senang, karena terkejut bisa memenangkan lomba karya ilmiah ini, dan semoga ini bisa menjadi motivasi bagi saya sendiri, teman-teman, dan juga kepada orang lainnya”, Kata Yuvina.

Karya ilmiah yang dinominasikan sebagai juara adalah karya ilmiah dengan hasil penilaian tertinggi, dengan unsur penilaian meliputi Teknik penulisan, Analisa Masalah, Pemecahan masalah, Kesimpulan dan saran, serta manfaat langsung dari karya ilmiahnya dengan mengacu pada tema yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara.  (Madah Sekadau/ Yandi/Teresia Selvani/Rija)