MABM Sekadau Inginkan Acara FSBM ke XII Tingkat Propinsi Dapat Terlaksana Dengan Baik

MABM Sekadau Inginkan Acara FSBM ke XII Tingkat Propinsi Dapat Terlaksana Dengan Baik

MABM Sekadau Inginkan Acara FSBM ke XII Tingkat Propinsi Dapat Terlaksana Dengan Baik

 

Sekadau Hilir, Madah Sekadau - Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Sekadau menggelar rapat koordinasi persiapan keseluruhan panitia bidang dan peserta perwakilan Kabupaten Sekadau yang akan turut berlomba pada Acara Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) ke XII tingkat Propinsi tahun 2018, yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum (GPU), jalan Ahmad Yani, kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Selasa (23/10/2018). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan serta Memantapkan Kesiapan dalam menyambut acara FSBM ke XII yang akan digelar pada tanggal 4 November hingga 10 November mendatang di Kabupaten Sekadau.

Diawal kegiatan Panitia FSBM  melakukan Geladi resik persiapan untuk peserta yang akan berlomba di tangkai perlombaan dalam Acara Festival nanti. Ketua MABM Kabupaten Sekadau, Sunardi dalam sambutannya mengatakan dengan digelarnya rapat koordinasi evaluasi ini diharapkan dapat menambah semangat serta memantapkan kesiapan Panitia agar semakin maksimal dalam menjalani tugas dan fungsi masing-masing.

"Mari Kita semua bersama-sama membangun semangat dan kekompakan, agar kontingen perwakilan dari kabupaten kita sebagai tuan rumah dapat menjadi juara umum pada acara FSBM ini nantinya," Harap Sunardi.

Sementara itu Ketua Panitia FSBM, Subhan mengatakan setelah kegiatan rapat ini diharapkan agar  persiapan-persiapan yang belum tuntas untuk segera di selesaikan menyangkut kesiapan dalam menjelang acara yang sebentar lagi terlaksana, seperti kesiapan rumah penginapan kontingen, tempat pelaksanaan tangkai perlombaan, serta kesiapan untuk memecahkan rekor pawai budaya yang akan di ikuti 2000 peserta menggunakan busana teluk belangak baju khas masyarakat adat melayu.

"Mudah-mudahan rapat ini menjadi rapat terakhir dan tidak ada rapat lagi untuk selanjutnya, dengan di adakannya rapat ini juga sebagai langkah pemantapan persiapan menjelang pelaksanaan Acara yang kurang lebih 9 hari lagi pada acara puncaknya," Ungkap Subhan.

"Dan ditambah lagi dalam pelayanan kepada tamu-tamu kita nantinya dari 14 kabupaten/kota di seluruh Kalimantan Barat yang diharapkan dapat terlayani dengan sebaik-baiknya," Tambahnya

Terdapat 5 kegiatan geladi resik yang dilaksanakan pada saat rapat tersebut, diantaranya ialah Syair, Bertutur, Hadrah, Lagu Melayu dan Tari Jepin.

Sekretaris Daerah, Zakaria menjelaskan jumlah keseluruhan Tangkai yang akan diperlombakan pada acara Festival Seni Budaya Melayu nantinya, dan ia berharap peserta lomba dapat tampil secara maksimal.

“Pada perlombaan nantinya yang akan ditampilkan nantinya sebanyak 14 tangkai yang akan di peragakan atau dilombakan, dan di harapkan dari semua tangkai tersebut dapat terlaksana dengan baik."Ujar Zakaria.

Pada akhir kegiatan rapat koordinasi/evaluasi dilakukan pembagian tugas-tugas dari Ketua Panitia kepada masing-masing bidang panitia pelaksana FSBM.(MadahSekadau/Achmad/Rija/Edo).