Program Gala Desa Sebagai Upaya Mencari Bakat Potensi Masyarakat Desa di Bidang Olahraga

Program Gala Desa Sebagai Upaya Mencari Bakat Potensi Masyarakat Desa di Bidang Olahraga

Program Gala Desa Sebagai Upaya Mencari Bakat Potensi Masyarakat Desa di Bidang Olahraga

 

Nanga Taman, Madah Sekadau - Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Parawisata (DISPORAPAR) Kabupaten Sekadau menggelar rapat kerja panitia Gala Desa di Aula kantor Camat Nanga Taman, Rabu (31/10). Rapat ini bertujuan untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan pemberdayaan dan pemasyarakatan olahraga di perdesaan yang merupakan program dari Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Kegiatan Gala Desa akan dilaksanakan di Desa Nanga Taman, Kecamatan Nanga Taman pada tanggal 10 November hingga 30 November 2018 yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Adapun cabang olah raga yang diperlombakan adalah sepak bola, bola voli, tenis meja, dan atletik.

Kegiatan Gala Desa ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Sekadau, yang diikuti 13 Desa. Desa yang ikut serta dalam kegiatan ini adalah Desa Nanga Taman, Rirang Jati, Senangak, Nanga Kiungkang, Sungai Lawak, Tapang Tinggang, Nanga Mongko, Nanga Engkulun, Nanga Koman, Lubuk Tajau, Pantok, Meragun, dan Nanga Mentukak.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Parawisata, Paulus Misi mengatakan bahwa gala desa merupakan salah satu bentuk pertandingan seperti liga dan kegiatan tersebut dilaksanakan di desa untuk mencari bibit-bibit pemain muda dari desa yang berbakat dalam bidang olahraga.

"Kegiatan Gala Desa ini merupakan upaya untuk mencari bibit-bibit pemain muda dari Desa yang berbakat dalam bidang olahraga dan harapan kita kepada pemain yang terpilih untuk kedepannya bisa berlaga di kancah yang lebih tinggi mungkin menjadi pemain Popda maupun Porda atau bahkan tingkat internasional," Kata Misi.

Camat Nanga Taman, Paulus Ugang mengatakan untuk pelaksanaan kegiatan Gala Desa yang dilaksanakan di Kecamatan Nanga Taman Ini, ia berkomitmen bahwa pihaknya akan selalu siap mengikuti dan melaksanakan serta menyukseskan kegiatan yang tersebut.

"Kami pihak Kecamatan Nanga Taman Selalu siap mengikuti dan melaksanakan serta menyukseskan kegiatan yang dipercayakan kepada kami, lebih-lebih lagi kegiatan ini untuk memasyarakatkan olahraga sebagai wadah untuk atlet-atlet yang ada di Desa untuk menyalurkan bakatnya," Ungkap Ugang.

"Harapan untuk kegiatan Gala Desa ini, supaya dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada di pelosok-pelosok, apalagi kegiatan ini sifatnya untuk nasional dan tujuannya untuk menyehatkan masyarakat yang ada di Kecamatan Nanga Taman,"Tambahnya.

Dalam rapat kerja ini juga membahas skema-skema pertandingan, serta tempat pelaksanaan pertandingan, dimana untuk pertandingan sepak bola dan atletik dilaksanakan di lapangan sepak bola kampung padang, pertandingan bola voli di selenggarakan di halam kantor Camat Nanga Taman, dan Tenis Meja dilaksanakan di gedung pertemuan umum kantor Camat Nanga Taman. (Madah Sekadau/Yandi/Halim)