Tuan Rumah Sekadau Juarai Lomba Melukis Motif Melayu

Tuan Rumah Sekadau Juarai Lomba Melukis Motif Melayu

Tuan Rumah Sekadau Juarai Lomba Melukis Motif Melayu

 

Sekadau Hilir, Madah Sekadau -  Dihari ke-3  perhelatan Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) XII Provinsi Kalimantan Barat, dilaksanakan berbagai jenis tangkai lomba salah satunya lomba melukis motif melayu yang dilaksanakan di Aula bawah Keraton Kusuma Negara Kec.Sekadau Hilir Kab. Sekadau, Rabu (7/11). Tujuan diadakannya lomba melukis motif melayu adalah  untuk melestarikan serta mengembangkan motif melayu yang mulai tergerus jaman.

Dari 14 Kabupaten Kota yang ada di Kalimantan Barat, tangkai lomba melukis motif melayu diikuti oleh 12 perwakilan kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Sekadau, Sanggau, Landak, Mempawah, Kayong Utara, Sambas, Bengkayang, Kota Pontianak dan Kota Singkawang.

Ketua panitia pelaksanaan lomba melukis motif melayu, Toto Hariyanto menjelaskan tanggapannya atas terselenggaranya lomba melukis motif melayu dalam ajang Festival Seni Budaya Melayu.

“Menurut kami ini adalah event atau ajang  yang sangat luar biasa di Kalimantan Barat yang mana 14 Kabupaten Kota yang ada di Kalimantan Barat hadir dalam acara Festival Seni Budaya Melayu, ” Jelas Toto Hariyanto.

“Tentunya kami sangat berbangga dan berterima kasih kepada teman-teman dari kabupaten lain yang sudah hadir dan ikut serta dalam melaksanakan kegiatan ini Khususnya ditangkai motif Melayu, " Tambahnya.

Peserta diberi waktu kurang lebih 5 jam untuk mewarnai motif melayu yang sebelumnya telah dibuat, setiap peserta melukis motif sesuai sinopsis dan ciri khas dari daerah masing-masing mulai dari tumbuhan maupun hewan khas dari daerah tersebut.

Bertindak selaku dewan juri, Heri Bastaman menyatakan beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh peserta dalam lomba melukis motif melayu ini.

“Kriteria penilaiannya yaitu konsep, makna dari karya itu sendiri ,keserasian dan  keindahan, sehingga jika kita totalkan nilai para peserta yang memenuhi kriteria maka didapatkan para pemenangnya,” ujar Heri Bastaman.

Salah seorang pemenang lomba asal Kabupaten Sekadau Zaini Kurniawan menyatakan harapan kedepannya dengan diadakannya lomba ini.

“Harapannya sehingga Masyarakat lebih mengenal dan menyukai. Biasanya orang menilai mengapa kerjaannya hanya melukis seperti tidak ada pekerjaan lain, dengan adanya ajang ini kita bisa mengasah kemampuan kita dalam melukis,” kata Zaini Kurniawan.

Diakhir acara, panitia dan dewan juri menyerahkan hadiah berupa tropi kepada para pemenang. Dimana Juara pertama diraih oleh perwakilan Kabupaten Sekadau, juara kedua Kabupaten Sambas dan juara ketiga Kota Singkawang serta juara harapan pertama, kedua dan ketiga berturut-turut yaitu Kabupaten Melawi, Sintang dan Mempawah. (Madah Sekadau/Dewan/Yandi/Halim)