Memperkenalkan Budaya Melayu Kepada Anak – Anak melalui Lomba Busana Melayu di FSBM XII

Memperkenalkan Budaya Melayu Kepada Anak – Anak melalui Lomba Busana Melayu di FSBM XII

Memperkenalkan Budaya Melayu Kepada Anak – Anak melalui Lomba Busana Melayu di FSBM XII

 

Sekadau  Hilir, Madah Sekadau – Festival Seni Budaya Melayu  (FSBM) XII  Provinsi Kalimantan Barat mengadakan lomba tangkai busana melayu anak yang dilaksanakan di Penanjung Island, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Rabu (7/11). Lomba Busana anak ini diikuti 11 Kabupaten/Kota SeKalbar  yang menampilkan ciri khas busana melayu di daerahnya masing-masing. Penilaian dalam lomba busana ini bukan hanya terletak pada keindahan pakaiannya saja, tetapi juga dilihat dari segi kerapian pakaiannya.

Melalui FSBM XII ini diadakan ajang lomba busana melayu yang diperagakan oleh anak-anak,beragam warna serta motif yang menjadi ciri khas masing-masing daerah yang menampilkan keindahan pakaian adat melayu yang ada di  Kalimantan barat.\

Sebanyak 11 Kabupaten/Kota yang mengikuti lomba tersebut yaitu Kabupaten Sekadau, Sanggau, Melawi, Sambas, Kayong Utara, Kubu Raya, Bengkayang, Sintang, Kapuas Hulu, Singkawang dan Pontianak.

Salah satu juri busana melayu anak Syarifah Fajri Mulidiyah mengatakan bahwa melalui lomba ini dapat mengingat adat dan budaya khususnya untuk budaya melayu yang ada di Kalimantan Barat.

“Lomba ini bagus sekali karena kita bisa mengingat adat dan budaya melayu di Kalimantan barat kemudian kriteria penilaian dalam lomba ini banyak sih, seperti penguasaan panggung, cara berpenampilan, serta aksesoris dari atas sampai bawah dan banyak juga yang lainnya,” Jelas Syarifah.

Dalam peragaaan busana tersebut terdapat 4 tahapan untuk memperagakan busananya, yang pertama adalah parade catwalk, perkenalan diri, berpasangan dan parade penutup.

Diakhir kegiatan,dewan juri mengumumkan pemenang lomba busana tersebut, dimana untuk pemenang  busana putra, juara pertama diraih oleh peserta asal Kabupaten Sambas,juara kedua diraih peserta oleh asal Kabupaten Kapuas Hulu, juara Ketiga diraih oleh peserta asal Kota Pontianak, Kemudian untuk pemenang Lomba busana putri, juara pertama diraih oleh peserta asal Kota Pontianak, juara kedua diraih oleh peserta asal Kabupaten Sintang,dan juara ketiga diraih oleh peserta asal Kabupaten Sekadau. (Madah Sekadau/Rija/Yandi)