Hari Pertama Tes Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018

Hari Pertama Tes Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018

Hari Pertama Tes Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2018

 

Madah – Sekadau  Hilir, Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia(BKPSDM) Kabupaten Sekadau menyelenggarakan tes Seleksi Kompetensi Dasar(SKD) CPNS yang dilaksanakan di Gedung SMK Amaliyah,Kecamatan Sekadau Hilir,Kabupaten Sekadau, Senin (5/11). Pada hari pertama jumlah peserta tes SKD  CPNS adalah 105 yang dimana hanya 4 orang saja yang lulus dari tes Skd tersebut.

Pada sesi pertama,tes SKD CPNS peserta berjumlah 105 orang. Dari 105 orang peserta yang mengikuti tes  pada sesi pertama, hanya 4 orang saja yang lulus dari tes SKD tersebut, yaitu Cindy Naretta Simbolon, Dora Candra, Lili Arsita, dan Tria Hasmita.

Dalam tes SKD terdapat 4 kriteria penilaian yang menentukan kelulusan  peserta, diantaranya  Tes Wawasan Kebangsaan( TWK ),  Tes Intelegensi Umum( TIU), dan Tes Kepribadian(TKP). Syarat minimal nilai yang harus didapatkan peserta adalah  75 untuk nilai TWK, 80 TIU,dan 143 untuk TKP serta 298 untuk nilai  akumulasi  tersebut. Walaupun nilai akumulasinya lebih dari 298 tetapi masih ada nilai yang tidak tuntas diantara TWK,TIU,dan TKP, maka peserta tidak akan lulus dalam tes SKD tersebut.

“Setelah lulus dari tes SKD tersebut, peserta CPNS akan melanjutkan pada tahap tes Seleksi Kompetensi Bidang( SKB ) karena pada tahap SKD hanya diambil 40% nilai akumulasinya dan pada tahap SKB diambil sebanyak 60% sebagai Syarat  menjadi Pegawai Negeri Sipil,” Jelas Kabid Pengadaan Mutasi Dan Informasi Kepegawaian BKPSDM kab. Sekadau , Mulyadi.   

Salah satu peserta CPNS yang lolos pada sesi pertama  Cindy Naretta Simbolon mengungapkan  perasaannya bahwa dia tidak menyangka dia bisa lolos pada tahap SKD tersebut.

“Pastinya  saya senang serta bersyukur pada tuhan bahwa saya telah lulus, tapi sebenarnya saya tidak menyangka, dan perasaan saya saat tes SKD tersebut sangat berdebar – debar,” Ujar Cindy

“Pada saat saya  dinyatakan lolos saya sangat senang sekali tapi saya masih lihat dulu nilai siapa yang  tertinggi baru akan mengetahui yang lolos itu siapa, karena yang lolos pada tes ini kan 4 orang jadi sejauh ini bakal lolos dari 2 peserta yang dicari tapi pastinya saya bangga dan mudah – mudahan lolos,” Harapnya.

“Dalam persiapan saya yang pertama saya tidak lupa untuk berdoa, dan yang kedua saya selalu belajar dan saya mulai belajarnya dari jau hari  dan yang ketiga saya tidak lupa untuk minta doa dari kedua orang tua serta teman teman saya,” Tambahnya.

Dari 1788 peserta CPNS yang akan mengikuti tes SKD dan SKB, hanya 81 orang saja yang akan terpilih menjadi PNS, Sebanyak  45 orang untuk tenaga pengajar, 15 orang di bagian kesehatan dan 21 orang untuk bagian teknis. (Madah Sekadau/Rija/Halim)