Memperkenalkan Kuliner Khas Melalui Eksebisi Masakan Melayu di FSBM XII

Memperkenalkan Kuliner Khas Melalui Eksebisi Masakan Melayu di FSBM XII

Memperkenalkan Kuliner Khas Melalui Eksebisi Masakan Melayu di FSBM XII

 

Sekadau Hilir, Madah Sekadau - Dalam rangka Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) XII Provinsi Kalimantan Barat, MABM mengadakan berbagai macam kegiatan, salah satunya eksebisi masakan Melayu yang diadakan di lapangan EJ. Lantu Jumat pagi (8/11). Kegiatan ini bukanlah tangkai lomba, melaikan eksebisi yang bertujuan untuk memperkenalkan kuliner khas dari daerah masing-masing yang diikuti oleh 8 kontingen yaitu Kab.Sekadau, Sambas, Sanggau, Kapuas Hulu, Melawi, Sintang, Kubu Raya serta Kota Singkawang.

Ketua panitia penyelenggara eksebisi masakan melayu, Rosita, menyatakan harapannya, dengan diadakannya  kegiatan ini, kuliner dari daerah dapat terangkat dan dikenal oleh masyarakat luas.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini harapan saya kedepannya mungkin jika ada kuliner-kuliner dari Kabupaten lain khususnya masakan melayu yang belum dikenal masyarakat mudah-mudahan setelah diadakannya kegiatan ini, masakan-masakan tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas,”kata Rosita.

Kontingen Kab. Sambas, dengan antusias memperkenalkan Kuliner khas dari daerahnya,  selain itu mereka juga menjelaskan bahan-bahan yang digunakan dalam masakan tersebut.

“Kami dari Kabupaten Sambas memasak Asam Pedas Belulang, yang mana masakan tersebut terbuat dari daging, kulit sapi ataupun tulang sapi,” Jelas Mereka.

“Masakan ini memang berasal dari Kalimantan Barat khususnya dari Kabupaten Sambas dan dari daerah lain belum ada masakan ini. Bahan-bahannya yang pertama yaitu Belulang atau kulit sapi, yang kedua yaitu daging atupun tulang sapid dan yang ketiga kentang atau lobak. Masakan ini bisa di nikmati dengan bihun ataupun nasi,” Tambahnya.

Diakhir acara Para peserta menikmati masakan yang telah dihidangkan,  para tamu dan masyarakat yang hadir juga dipersilahkan untuk menkmati dan mencicipi hidangan dari masing-masing daerah. (Madahsekadau/Dewan/Yandi/Halim)