Kemeriahan Pembukaan Gala Desa di Kecamatan Nanga Taman

Kemeriahan Pembukaan Gala Desa di Kecamatan Nanga Taman

Kemeriahan Pembukaan Gala Desa di Kecamatan Nanga Taman

 

Nanga Taman, Madah Sekadau – Wakil Bupati Sekadau, Aloysius membuka kegiatan Gala Desa yang dilaksanakan di halaman kantor Camat Nanga Taman, Kab. Sekadau. Sabtu (10/11). Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bidang Organisasi Kepelayanan Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Deputi Pengembangan Pemuda, Kementrian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia, Jaya Sutrisno, Staf Ahli Bupati Sekadau, Asisten Setda Kab. Sekadau, Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau, serta pimpinan Gabungan Organisasi Wanita Kab. Sekadau. 

Kegiatan Gala Desa merupakan program dari Kementrian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia dalam upaya untuk mencari bakat dan potensi masyarakat Desa dalam bidang olah raga. Untuk Kabupaten Sekadau, kegiatan Gala Desa Ini Merupakan yang pertama kali dilaksanakan, dimana untuk pelaksanaannya di fokuskan di Kecamatan Nanga Taman.

Aloysius Mengatakan, bahwa kegiatan Gala Desa tersebut merupakan yang pertama kali dilaksananakan di Kabupaten Sekadau yang pelaksanaannya dilakukan di Kecamatan Nanga Taman dan ia berharap agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar hingga sampai dengan penutupannya. Serta untuk kedepannya, Kabupaten Sekadau kembali diberi kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan Gala Desa ini.

“Saya mengucapakan terima kasih kepada Kementrian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia atas kepercayaan kepada Kabupaten Sekadau yang ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan Gala Desa ini. Kita berharap kegiatan ini dapat berjalan sampai dengan terakhirnya nanti dan untuk persiapannya telah dilakukan oleh panitia, terutama panitia yang ditingkat Kecamatan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,”Kata Aloysius.

Selanjutnya Kepala Bidang Organisasi Kepelayanan Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Deputi Pengembangan Pemuda, Kementrian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia, Jaya Sutrisno, mengatakan bahwa Gala Desa Merupakan upaya dalam membentuk generasi muda untuk rajin berolahraga, serta terhindar dari hal-hal yang berbau negatif. Selain itu, Dia juga mengapresiasi untuk pelaksanaan Gala Desa di Kabupaten Sekadau ini.

“Dengan adanya Gala Desa ini adalah wadah untuk membentuk generasi muda agar rajin berolahraga dan berkreatifitas untuk menghindarkan dari hal-hal negatif seperti narkoba, perbuatan yang tidak diinginkan oleh Bangsa dan Negara. Gala Desa juga merupakan salah satu program yang menyentuh kepada khalayak masyarakat tingkat kabupaten, kecamatan bahkan desa dan ini adalah program yang harus ditingkatkan oleh teman-teman disini,”Ungkap Sutrisno.

“Saya rasa sebenarnya ini bukan Gala Desa tetapi gala Kota karena sangat meriah sambutannya dan ini sangat bagus, artinya pihak Pemerintah Kabupaten Sekadau telah merespon, sehingga motivasi yang diberikan pemerintah sangat mendukung kepada generasi muda dan hal ini perlu dipertahankan.Saya akan melaporkan kepada pimpinan saya bahwa program Gala Desa di Kabupaten Sekadau ini sangat bagus,”tambahnya.

Kegiatan Gala Desa ini diikuti sebanyak1196 peserta yang berasal dari 13 Desa yang ada di Kecamatan Nanga Taman, yaitu Desa Nanga Taman,  Rirang Jati, Senangak, Nanga Kiungkang, Sungai Lawak, Tapang Tinggang, Nanga Mongko, Nanga Engkulun, Nanga Koman, Lubuk Tajau, Pantok, Meragun, dan Nanga Mentukak.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga  Dan  Pariwisata Kabupaten Sekadau, Paulus Misi mengatakan bahwa Gala Desa ini sangat baik diadakan di Kabupaten sekadau, untuk menuntun generasi muda agar tidak terpengaruh dengan hal-hal yang negatif.

“Kami memberikan apresiasi kepada Bapak Mentri karena telah menunjuk dan mempercayakan Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau untuk melaksanakan Gala Desa. Program ini sangat positif pergerakannya khususnya untuk kaum pemuda, anak-anak dan remaja untuk menghindarkan diri mereka dari hal-hal yang negatif, perbuatan yang tidak baik, termasuk mengonsumsi obat-obatan terlarang, sehingga dengan adanya program Gala Desa ini mereka memiliki kreatifitas dan inovasi bahkan laga ini bukan hanya didesa tetapi juga di Kecamatan, Kabupaten dan seterusnya,”Jelas Paulus Misi.

Dalam pembukaan Gala Desa ini, Juga dilakukan penyerahan piala perlombaan dari pihak Kementrian Pemuda dan Olah Raga kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau yang terima langsung oleh Wakil Bupati Sekadau, Aloysius yang selanjutnya diserahkan kepada pihak panitia Gala Desa. (Madah Sekadau/Yandi/Mus/Halim).