Rintik Air Hujan Hiasi Penutupan FSBM XII di Sekadau

Rintik Air Hujan Hiasi Penutupan FSBM XII di Sekadau

Rintik Air Hujan Hiasi Penutupan FSBM XII di Sekadau

 

Sekadau Hilir, Madah Sekadau –Tidak terasa sudah 6 hari Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) XII digelar di Sekadau, hingga sampailah di penghujung acara pada hari Sabtu malam (10/11) yang bertepatan dengan hari Pahlawan. Panitia FSBM XII mengadakan penutupan rangkaian FSBM XII  di Lapangan E.J. Lantu Kec. Sekadau Hilir, Kab. Sekadau dalam suasana senja yang berawan.

Sudah sejak sore para pengunjung yang ingin turut serta mengambil bagian dari malam penutupan FSBM XII telah hadir di lokasi acara. Mereka tidak hanya datang dari kota Sekadau tetapi juga dari kecamatan yang cukup jauh dari kota Sekadau.

Salah satu penonton yang berasal dari Kec. Nanga Mahap, kurang lebih 2 jam dari Kota Sekadau Harimin menuturkan tanggapannya serta harapannya atas acara ini.

“Acara ini sangat bagus sekali, menjunjung adat budaya Melayu khususnya di Kab. Sekadau,” UjarHarimin.

“Semoga kedepannya masyarakat Melayu bisa memiliki rumah adat Melayu, sehingga kalau ada acara seperti ini bisa di rumah adat Melayu,” Harapnya.

Langit yang semakin mendung oleh awan tidak menjadi halangan bagi para pengunjung untuk terus berdatangan menuju Lapangan E.J. Lantu. Kota Pontianak berhasil menjadi juara umum FSBM XII di Sekadau. Piala bergilir diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan.

Wakil Gubernur, Kalimantan Barat, Ria Norsandalam sambutan penutup mengatakan betapa pentingnya melestarikan kebudayaan yang ada.

“Kita harus melestarikan kebudayaan yang kita miliki, jangan sampai hilang ditelan zaman,” Pesannya.

“Kebudayaan yang ada harus dikembangkan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, jangan sampai perkembangan budaya bertentangan dengan Pancasila,” Tambahnya.

Sambutan dariRiaNorsan menutup rangkaian acara FSBM XII, setelah sambutan penutupan selesai  dibacakan, kembang api yang telah disiapkan sejak awal acara mulai meluncur ke udara, mewarnai langit di atas Lapangan E.J. Lantu.

Rintikan air hujan menjadi penanda berakhirnya rangkaian Kegiatan FSBM XIIdi Kota Sekadau. Acara hiburan masih terus berlangsung dibawah guyuran hujan, para penonton seakan larut dalam kegembiraan malam penutupan FSBM XII.(Madah Sekadau/Halim/Rija/Reza/Yandi/Achmad)