SAIK 2018: Jadikan Sinergi Indonesia Menuju Perkembangan Di Era Komunikasi

SAIK 2018: Jadikan Sinergi Indonesia Menuju Perkembangan Di Era Komunikasi

SAIK 2018: Jadikan Sinergi Indonesia Menuju Perkembangan Di Era Komunikasi

 

Tanggerang, Madah Sekadau - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menggelar kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) tahun 2018, yang diselenggarakan di ballroom Hotel Novotel, Jalan Jendral Sudirman, Kota Tanggerang, Senin (3/12).

Kegiatan Saik ini digelar selama 4 hari yaitu mulai tanggal 1 Desember hingga 4 Desember 2018 dengan mengusung tema "Sinergi Indonesia Menuju Era Komunikasi 4.0", yang diawali dengan tarian adat selamat datang dari Tanggerang.  Acara ini juga sekaligus memperingati hari difabel yang bertepatan pada tanggal 3 Desember.

Ada beberapa kegiatan yang digelar Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo, antara lain, Festival Kelompok Pertunjukan Rakyat Tingkat Nasional, Public Expose & Public Service Exhibition, Pertemuan Bakohumas Tingkat Nasional 2018, serta Anugerah Media Humas 2018.

Kepala Ditjen IKP, Rosarita Niken Widiastuti, pada sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan SAIK tahun 2018 di Tanggerang.

"Kegiatan SAIK ini bertujuan untuk memperkuat jaringan kemitraan dengan humas seluruh Indonesia, dan juga meningkatkan kompetensi kapasitas humas pemerintah untuk menjawab tantangan perkembangan industri 4.0 yg tentunya perlu melakukan perubahan-perubahan menyesuaikan perkembangan teknologi dan masyarakat," Jelas Niken.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Tanggerang, Arief R Wismansyah, dalam sambutannya menyampaikan dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan motivasi tersendiri kepada pemerintah dalam hal peningkatan pembangunan di Kota Tanggerang.

"Bandara internasional Soekarno Hatta adalah bandara terbesar di Indonesia yang terletak di Kota Tanggerang, dimana setiap orang yang datang ke bandara tersebut sudah pasti singgah di Tanggerang," Ungkap Arief R Wismansyah.

"Dan maka dari itu mudah-mudahan dengan adanya kegiatan SAIK ini mampu mensinergikan semangat dalam upaya pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tanggerang," Harapnya.

SAIK 2018 yang dihadiri kurang lebih 1500 peserta ini merupakan tempat berkumpul, bersilaturahmi, serta berbagi ilmu antar humas dari seluruh Indonesia.

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menyampaikan bahwa perubahan besar membutuhkan peran setiap orang dan orang yang kuat, dengan berupaya untuk mengembangkan lapangan pekerjaan kepada setiap masyarakat ynag ada di daerah Indonesia.

"Pemerintah Pusat atau Bapak Jokowi Presiden Republik Indonesia telah menjanjikan 10 juta masyarakat Indonesia akan mendapatkan pekerjaan, sampai saat ini lebih dari 8,7 juta masyarakat telah mendapatkan pekerjaan, itu menandakan bahwa Kepemerintahan di Indonesia sudah baik dalam hal pengembangan," Ungkap Moeldoko.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Staf Kepresidenan, Walikota Tanggerang, Menteri Pariwisata RI, dan Kepala Ditjen IKP bersama-sama menekan tombol sirine yang menandakan dimulainya secara resmi kegiatan SAIK 2018.

Acara dilanjutkan dengan Pertemuan Bakohumas Tingkat Nasional yang dinarasumberi oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Ricky Joseph Pesik, Walikota Tanggerang, Arief R Wismansyah, Praktisi Media Sosial, Nukman Luthfie, Praktisi Media, Prita Laura, Staf Khusus Kepresidenan, Adita Irawati, Pemimpin Redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho, dan acara tersebut dipandu oleh presenter Merto TV, Widiasaputra.(madahsekadau/Achmad/Yandi/Halim)