Bupati Serahkan 11.394 Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Kabupaten Sekadau

Bupati Serahkan 11.394 Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Kabupaten Sekadau

Bupati Serahkan 11.394 Sertifikat Tanah Kepada Masyarakat Kabupaten Sekadau

 

Sekadau Hilir, Madah Sekadau - Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sekadau menyelenggarakan kegiatan  Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Reditribusi Tanah Tahun 2018, yang dilaksanakan di halaman Kantor BPN, Jumat (28/12/2018). Acara ini diadakan dalam rangka penyerahan sertifikat tanah untuk masyarakat yang ada di Kabupaten Sekadau.

Penyerahan Sertifikat ini merupakan wujud nyata dari kepedulian Pemerintah kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Sekadau dalam memberikan suatu tanda bukti hak atas tanah berupa sertifikat. Hal tersebut merupakan salah satu program strategis nasional pemerintah Republik Indonesia yang sesuai dengan amanat RPJM 2014 - 2019, dimana salah satunya tentang Reforma Agraria yang merupakan salah satu cita-cita Pemerintah sebagaimana terdapat dalam program Nawacita.

Kegiatan PTSL dan Redistribusi Tanah Objek Landreform tahun 2018 diserahkan oleh Bupati Sekadau kepada masyarakat yang berhak selaku pemegang hak atas tanah tersebut. Saat ditemui, Rupinus menyampaikan apresiasinya kepada pihak BPN yang sudah melaksanakan program ini dengan baik.

"Saya ucapkan terimakasih kepada kepala BPN yang sudah sampai saat ini menyerahkan langsung sertifikat program PTSL dan redistribusi yang akan diberikan kepada berbagai rumah ibadah, wakaf, umkm dan sebagainya, mudah-mudahan dengan diserahkannya sertifikat ini untuk kedepannya dapat menjadi manfaat, terutama bagi para penerima yang telah sah memiliki hak kuasa atas tanah yang dimiliki saat ini, sekali lagi kami ucapakan terimakasih," Harap Rupinus.

"Kita mengapresiasi sekali kepada pihak BPN berserta jajaran yang dimana kegiatan ini sangat membantu masyarakat kita yaitu masyarakat Kab.Sekadau, saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi yang menerima," Tambahnya.

Program Strategis Nasional Kabupaten Sekadau tahun 2018 dilaksanakan sesuai dengan yang ditargetkan dimana PTSL mempunyai target bidang realisasi sebanyak 5.300, target bidang realisasi dan redistribusi tanah sebanyak 6.050, serta sertopikasi tanah Barang Milik Negara (BMN) bidang realisasi dengan target sejumlah 44, dengan total sertopikasi dalam rangka program strategis nasional di Kab.Sekadau sejumlah 11.394 bidang.

"Total ditahun anggaran 2018 program strategis nasional dengan total 11.394 bidang  pada hari ini kami serahkan 5.652 bidang yang terdiri dari Redistribusi Tanah Objek Landreform 1307 bidang dan PTSL sejumlah 4.318 bidang secara berkelanjutan, progres hari ini kita serahkan langsung kepada bapak Bupati yang selanjutnya diserahkan kepada masyarakat, dan akan kami koordinasikan kepada Kepala Desa masing-masing," Ungkap Kepala BPN Sekadau, Zulfitriansyah.

Salah satu masyarakat Nanga Kiungkang yang menerima Sertifikat Tanah tersebut, Muhamdi mengatakan bahwa untuk Desa Nanga Kiungkang yang menerima sertifikat tersebut berjumlah 550 bidang termasuk tanah petani.

"Saya secara pribadi dan mewakili dari desa nanga kiungkang mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang telah melakukan program PTSL untuk desa nanga kiungkang khususnya, dan insya allah sertifikat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam hal hak milik atas masyarakat, untuk Desa Nanga kiungkang dengan keseluruhan penerima sertifikat yaitu berjumlah 550 bidang," Jelas Tokoh masyarakat Nanga Kiungkang, Muhamdi.

Diakhir acara BPN menyerakhkan Piagam Penghargaan kepada Bupati Sekadau dalam rangka pelaksanaan program strategis Nasional dibidang Pertanahan tahun 2018, sekaligus penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat yang ada dikabupaten sekadau, serta dilanjutkan dengan foto bersama Pemerintah Kab.Sekadau bersama penerima sertifikat tanah. (MadahSekadau/Achmad/Yandi)