Kabupaten Sekadau Surplus Beras Sebanyak 1.598 Ton sampai dengan Tahun 2018

Kabupaten Sekadau Surplus Beras Sebanyak 1.598 Ton sampai dengan Tahun 2018

Kabupaten Sekadau Surplus Beras Sebanyak 1.598 Ton sampai dengan Tahun 2018

 

Kegiatan panen perdana padi sawah lahan sub optimal kelompok tani baru bersama di Dusun Selintah Desa Rawak Hulu Kecamatan Sekadau Hulu, Senin (4/2) menjadi tonggak awal panen padi di Kabupaten  Sekadau.  Kelompok Tani Baru Bersama memiliki luas lahan kurang lebih 25 hektar meski tidak dalam satu hamparan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalimantan Barat Heronimus Hero menyampaikan harapannya agar  kegiatan panen perdana tersebut sebagai langkah awal untuk memacu program peningkatan produksi padi di Kalbar pada umumnya dan di Sekadau pada Khususnya. Ia juga mengatakan bahwa untuk produksi beras di Kabupaten Sekadau masih surplus sebanyak 1598 ton.

"Berdasarkan angka ramalan I 2018 produksi padi di Kabupaten Sekadau 39.089 Ton gabah giling. Jagung 2.279 Ton pipilan kering. Jadi berdasarkan produksi tersebut, untuk di Kabupaten Sekadau ekuivalen sebanyak 24.567 Ton," Terang Heronimus.

"Dengan kosumsi perkapita 114, 89 Kg per kapita pertahun, maka kebutuhan beras di Kabupaten Sekadau diperkirakan sebanyak 22.969 Ton. Dengan demikian sampai dengan tahun 2018, Kabupaten Sekadau masih surplus beras sebanyak 1.598 Ton," Tambahnya.

Bupati Sekadau Rupinus yang turut serta dalam panen perdana padi sawah di Desa Selintah menyampaikan apresiasi kepada kelompok tani Baru bersama yang telah melaksanakan panen perdana dengan hasil yang mengembirakan. Ia juga berharap kedepannya lebih banyak lagi kelompok tani yang sukses melaksanakan panen raya dan lebih meningkat lagi produktifitasnya.

"Saya mengapresisasi kelompok tani Baru Bersama yang telah melaksanakan panen perdana dengan hasil yang sangat mengembirakan yaitu 5 Ton perhektarnya," Ucap Rupinus

"Kita berharap untuk Kabupaten ini kedepannya lebih banyak lagi kelompok tani seperti ini, potensi kita masih banyak, dengan bimbingan, bantuan dari Dinas terkait, sehingga para petani di Kabupaten Sekadau ini lebih meningkat lagi produktifitasnya,"Ujarnya. (Madah Sekadau/Yandi/Edo/Halim)