Pemkab Sekadau Gelar Workshop Evaluasi Siskeudes, Demi Mewujudkan Tatakelola Keuangan Desa yang Baik

Pemkab Sekadau Gelar Workshop Evaluasi Siskeudes, Demi Mewujudkan Tatakelola Keuangan Desa yang Baik

Pemkab Sekadau Gelar Workshop Evaluasi Siskeudes, Demi Mewujudkan Tatakelola Keuangan Desa yang Baik

 

Sekadau Hilir – Madah Sekadau, Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes) Kabupaten Sekadau, menyelenggarakan kegiatan Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0 di Ruang Serbaguna Lantai 3 Kantor Bupati Sekadau, Rabu (6/2). Kegiatan ini mengusung tema “Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa yang Partisipatif, Transparan dan Akuntabel dengan Menggunakan Aplikasi Siskeudes.

Dalam upaya mewujudkan amanat Undang-Undang Desa serta amanat Pemerintah Pusat, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Kalimantan Barat bersama Pemerintah kabupaten Sekadau setiap tahun terus berupaya untuk membina Desa dan perangkat Desa melalui pelatihan, bimbingan teknis, kaji terap ke daerah yang maju.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius yang membuka secara resmi kegiatan workshop evaluasi keuangan desa tersebut di dalam sambutannya mengajak kepada seluruh tamu undangan workshop untuk dapat mencari ide serta inovasi dalam tatakelola keuangan desa.

“Kepada Seluruh Kepala Desa yang ada diruangan ini, mari kita bersama-sama bersinergi dalam membangun Desa dengan mencari ide dan inovasi terbaik bagi kemajuan Desa masing-masing, serta ayo berlomba-lomba membangun Desa untuk menjadi lebih baik,” Jelas Aloysius.

“Saya berharap kepada seluruh peserta kegiatan workshop ini supaya dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, serta proaktif untuk berdiskusi dengan para narasumber, semoga apa yang disampaikan oleh para narasumber dapat menambah pemahaman dan pengetahuan dalam sistem tatakelola keuangan Desa,” Tambahnya.

Sementara itu Anggota Komisi XI DPR RI, Sukiman yang juga menghadiri dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa dana desa setiap tahunnya mengalami peningkatan yang pesat, maka dari itu ia menginginkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta tatakelola keuangan yang harus dapat dipersiapkan dengan baik.

“Kami dalam hal ini yang tentunya juga bersama mitra kerja menganggap bahwa tidak cukup hanya memberikan anggaran yang maksimal, tetapi tentunya dibarengi dengan kesiapan baik dalam rangka SDM tatakelola penggunaan anggaran termasuk dari perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan dipertanggungjawabkan,” Ujar Sukiman.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab.Sekadau, Bayu Dwi Harsono, dengan narasumber Kaper BPKP Kalbar, Raden Suhartono. Pimpinan BPKP, Iskandar Novianto. Anggota Komisi XI DPR RI, Sukiman, KASatgas Polda Kalbar, Mujiono.

Acara Workshop ini dilanjutkan dengan sesi  tanya jawab dari para peserta kepada para narasumber yang nantinya akan dapat menjadi masukan kepada pengelola anggaran keuagan Kepemerintahan Desa. (MadahSekadau/Achmad/Halim)