Forum Anak Daerah Kab.Sekadau Sebagai Wadah Eksplorasi Bakat Anak

Forum Anak Daerah Kab.Sekadau Sebagai Wadah Eksplorasi Bakat Anak

Forum Anak Daerah Kab.Sekadau Sebagai Wadah Eksplorasi Bakat Anak

 

Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Sekadau mengadakan kegiatan Fasilitasi Forum Anak Daerah Kabupaten Sekadau Tahun 2019, yang diselenggarakan di Hotel Multi, Jalan Merdeka Timur, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Rabu (20/3). Kegiatan ini merupakan suatu wadah partisipasi anak, dimana anak diajarkan untuk mengelola suatu organisasi sebagai langkah dasar sebelum terlibat langsung dalam pembangunan.

Setelah beberapaa tahun Forum Anak Daerah Kabupaten Sekadau menjadi salah satu organisasi yang menarik perhatian berbagai macam pihak khususnya anak-anak, bersama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI), forum anak ini melakukan sosialisasi dan identifikasi isu di Kab. Sekadau, yang dimana kegiatan ini berlangsung selama dua hari yaitu dari tanggal 20 dan 21 Maret 2019.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius membuka secara resmi kegiatan Forum Anak Daerah Kabupaten Sekadau, dan didalam kesempatan tersebut juga ia menyampaikan bahwa anak anak memiliki peran yang sangat strategis bagi bangsa dan negara indonesia yang terdiri dari beberapa golongan.

“Anak merupakan bagian yang tidak terpisahkan bagi kelangsungan hidup suatu bangsa dan negara, yang secara tegas bahwa negara menjamin hak setiap anak yang di kelompokkan menjadi empat golongan yaitu, hak peran hidup, hak tumbuh dan berkembang, hak perlindungan kehidupan, dan hak partisipasiuntuk anak,” jelas Aloysius.

Kegiatan ini didukung oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Pembangunan (BAPPEDA) Kabupaten Sekadau, dan sebagai narasumber yang terdiri dari Polres Sekadau serta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sekadau (Kominfo) dengan memberikan penjelasan tentang bagaimana menggunakan internet secara sehat dan benar.

Kegiatan yang dimana kegiatan ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 20 dan 21 Maret 2019, disambut baik anak-anak SMP dan SMA se-Kabupaten Sekadau dimana dengan forum anak ini dapat menjadi wadah untuk mengeksplorasi bakat, minat dan potensi yang mereka miliki.

Sebagai tindak lanjut forum anak Kabupaten Sekadau melibatkan langsung anak-anak dari seluruh kecamatan di kabupaten sekadau agar merka dapat secara aktif dan mendapatkan pengetahuan yang lebih tentang hak-hak serta kewajiban seorang anak.

Kegiatan ini memiliki tujuan agar  forum anak tingkat Kecamatan yang akan dibentuk benar-benar sesuai dengan harapan dan kebutuhan anak-anak yang ada di Kabupaten Sekadau sehingga tidak ada interpensi dari pihak-pihak yang memiliki kepentingan tertentu. (Madah Sekadau/Achmad/Yandi/Edo)