Pemkab Sekadau Laksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional

Pemkab Sekadau Laksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional

Pemkab Sekadau Laksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional

 

Sekadau Hilir – Madah Sekadau, Pemerintah Kabupaten Sekadau menggelar kegiatan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Sekadau, Kecamatan Sekadau Hiir, Kabupaten Sekadau, Kamis (2/5). Upacara Peringatan ini dalam rangka penguatan sumberdaya manusia yang berkualitas untuk dapat berjalan secara optimal pada pemerintah daerah dan segenap pemangku kepentingan agar proaktif dan lebih aktif dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan dan kebudayaan.

 

Pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional ini mengambil tema yaitu “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.” Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan.

 

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius yang dalam hal ini bertugas sebagai Inspektur Upacara menyampaikan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, mengatakan bahwa perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang semakin bergerak cepat.

 

“Saat ini peserta didik kita didominasi Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru, yang mana hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan: keluarga, sekolah, dan masyarakat,” jelas  Aloysius.

 

Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia menekankan dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlak mulia, empan papan, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur.

 

Pada moment selepas upacara, Aloysius juga mengucapkan selamat kepada seluruh insan pendidikan bahwa di era globalisasi saat ini pendidikan adalah suatu hal yang sangat penting yang ditopang oleh guru kepada anak didik untuk dapat mengedepankan pendidikan agar lebih maju dan selalu memprioritaskan pendidikan.

 

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kab.Sekadau mengucapkan selamat kepada seluruh guru-guru atau insan pendidikan, bahwa tanpa pendidikan bangsa dan negara ini tidaklah berarti, karena kita saat ini selalu bergerak maju dan maju menuju era yang harus memprioritaskan pendidikan,” ungkap Aloysius pada saat diwawancarai.

 

Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional ini, marilah konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif. (MadahSekadau/Achmad/Reza)