SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI KABUPATEN SEKADAU, KAMI MENYAJIKAN INFORMASI YANG AKURAT SEPUTAR PEMERINTAHAN 

INSPEKTORAT KABUPATEN SEKADAU

PROFIL INSPEKTORAT KABUPATEN SEKADAU

 

 

 

ALAMAT :

 

       

 

GAMBARAN UMUM INSPEKTORAT

 

Kabupaten Sekadau dibentuk berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2003 tentang pembentukan Kabupaten Melawi dan Kabupaten Sekadau di provinsi Kalimantan Barat. Dengan terbentuknya Kabupaten Sekadau di harapkan dapat terselenggaranya Good Governance yang merupakan persyaratan bagi setiap pemerintah untuk mewujudkan aspirasi masyarakat, untuk itu perlu pengembangan dan penerapan sistem pertanggung jawaban yang tepat, jelas dan terukur sehingga penyelenggaraan Pemerintahan dan pembangunan dapat berlangsung berdaya guna, berhasil guna dan bertanggung jawab serta bebas dari Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).

Inspektorat Kabupaten Sekadau dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sekadau Nomor 8 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sekadau dan Peraturan Bupati Sekadau Nomor 19 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat Kabupaten Sekadau.

Kedudukan Inspektorat Kabupaten Sekadau adalah unsur pelaksana pemerintah daerah di bidang pengawasan daerah, dengan tugas membantu Bupati dan Wakil Bupati dalam memfasilitasi proses pelaksanaan pengawasan di Daerah. yang di pimpin oleh seorang Inspektur yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati serta di angkat dan di berhentikan oleh Bupati dan secara administratif mendapat pembinaan dari Sekretaris Daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Susunan organisasi Inspektorat Kabupaten Sekadau terdiri dari :

  1. Inspektur;
  2. Sekretariat;
  3. Inspektur Pembantu; dan
  4. Kelompok Jabatan Fungsional.

 

 URUSAN YANG DILAKSANAKAN

Sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Sekadau Nomor 07 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan Yang Menjadi Kewenangan Kabupaten Sekadau dan Peraturan Bupati Sekadau Nomor 19 Tahun 2008 tentang Susunan Organisasi, Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Inspektorat Kabupaten Sekadau, Inspektorat Kabupaten Sekadau melaksanakan Urusan Pemerintahan Daerah Bidang Otonomi Daerah, Pemerintahan Umum, Administrasi Keuangan Daerah, Perangkat Daerah, Kepegawaian dan Persandian

SUMBER DAYA MANUSIA

Inspektorat Kabupaten Sekadau memiliki Sumber Daya Manusia per 31 Desember 2013 berjumlah 25 orang, terdiri dari berdasarkan golongan, jabatan dan pendidikan dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

Berdasarkan golongan

No

Golongan

A

B

C

D

Jumlah

1

I

-

-

-

-

-

2

II

1

-

5

-

6

3

III

4

3

2

1

10

4

IV

2

4

1

-

7

5

Jumlah

23

Berdasarkan jabatan

No

Jabatan

Jumlah

1

Eselon II b

1

2

Eselon III a

4

3

Eselon IV a

2

4

Auditor

-

5

P2UPD

3

6

Staf Operasional

13

Jumlah

23

Berdasarkan pendidikan

No

Pendidikan

Jumlah

1

S2

1

2

S1

16

3

DIII

2

4

SLTA

4

Jumlah

23

PROGRAM PRIORITAS

Program Peningkatan Sistem Pengawasan Internal dan Pengendalian Pelaksanaan Kebijakan KDH

KEGIATAN PRIORITAS

  1. Pelaksanaan pengawasan internal secara berkala (pemeriksaan reguler).
  2. Penanganan Kasus Pengaduan di lingkungan  Pemerintah Daerah (pemeriksaan kasus/khusus).
  3. Pengendalian manajemen pelaksanaan kebijakan KDH
  4. Inventarisasi temuan pengawasan
  5. Tindak lanjut hasil temuan pengawasan
  6. Koordinasi pengawasan yang lebih komprehensif
  7. Evaluasi berkala temuan hasil pengawasan

 

 

 

 

 

 

 

 

Share
You are here: