KECAMATAN NANGA TAMAN

KECAMATAN NANGA TAMAN

       

ALAMAT :

GAMBARAN UMUM

 

Pada tahun 1959 merupakan tonggak sejarah baru bagi Nanga Taman, yaitu terbentuknya Kecamatan Nanga Taman. Cakupan wilayahnya kala itu sampai dengan kecamatan Nanga Mahap sekarang. Camat pertama yang memimpin Pemerintahan Kecamatan Nanga Taman adalah Deramansyah. Saat itu beliau memerintah sampai tahun 1960. Kemudian pada tahun 1960 sampai 1962 Camatnya bernama Antonius Himu. Selanjutnya Camat Antonius Himu diganti dengan Josef Majau pada tahun 1962 sampai 1964. Pada tahun 1964 Camatnya ganti lagi dengan Camat Donatus Jau. 

Pada tahun 1965 Kecamatan Nanga Taman dimekarkan menjadi dua kecamatan. Nanga Mahap secara resmi memisahkan diri dari Kecamatan Nanga Taman dengan Camatnya bernama Abdullah. Beliau memerintah disana sampai tahun 1969. Setelah itu dari tahun 1969 sampai tahun 1970 Camatnya bernama ML. Goye.

Nanga Taman, yang biasa disebut juga dengan sebutan Bumi NYAI ANTA atau BUMI CIDAYU terdiri dari beberapa desa. Hingga tahun 2013 ada dua belas desa, namun dengan pemekaran desa Nanga Taman menjadi Desa Nanga Taman dan Nanga Mentukak maka jumlah desa bertambah. Saat ini jumlah desa di Kecamatan Nanga Taman sebanyak tiga belas desa. Desa-desa itu terbagi lagi menjadi dusun/kampung. Jumlah kampung atau dusun ada lima puluh dan jumlah Rukun Tetangga (RT) sebanyak 153.

Adapun nama desa-desa tersebut adalah:

  1. Desa Nanga Taman
  2. Desa Rirang Jati
  3. Desa Meragun
  4. Desa Nanga Kiungkang
  5. Desa Lubuk Tajau
  6. Desa Pantok
  7. Desa Sungai Lawak
  8. Desa Tapang Tingang
  9. Desa Nanga Koman
  10. Desa Nanga Mongko
  11. Desa Nanga Engkulun
  12. Desa Senangak
  13. Desa Nanga Mentukak

Geografis Kecamatan Nanga Taman

Kecamatan Nanga Taman memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut :

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Sekadau HuluSebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Sepauk Kab. Sintang
  2. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Nanga Mahap dan Kec. Hulu Sungai (pemekaran Kec. Sandai)
  3. Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Meliau dan Kecamatan Kapuas Kab. Sanggau

       Kondisi geografis Kecamatan Nanga Taman sebagain besar terdiri dari daerah berbukit-bukit sehingga sebagian rawan longsor; Seperti di Desa Meragun, jika bukit-bukit tersebut tidak dijaga hutannya dengan baik. Tempat lainnya, sebagian datar dan berawa-rawa. Beberapa desa berada di daerah sekitar sungai. Wilayahnya dialiri oleh beberapa sungai besar dan kecil.

       Luas wilayah Kecamatan Nanga Taman sekitar 1084,68 Km2, dengan posisi letak pada 00.18’.28’-00.16’.58’’ Lintang Selatan dan 1100.48’43’’ Bujur Timur. Kecamatan yang memiliki luas wilayah sebesar 1084,68 Km2 ini terbagi dalam tiga belas desa.

Share
You are here: