Keadaan Geografis

Kabupaten Sekadau merupakan pemekaran dari Kabupaten Sanggau, yang terdiri dari Kecamatan Nanga Mahab, Kecamatan Nanga Taman, Kecamatan Sekadau Hulu, Kecamatan Sekadau Hilir, Kecamatan Belitang Hilir, Kecamatan Belitang, dan Kecamatan Belitang Hulu, dengan luas daerah 544.430 hektar.

 

Letak Geografis Kabupaten Sekadau terletak di antara 0 derajat 38 menit 23 detik Lintang Utara dan 0 derajat 44 menit 25 detik Lintang Selatan. Serta diantara 110 derajat 33 menit 7 detik Bujur Timur, dan 111 derajat 11 menit 44 detik Bujur Timur.

Batas Wilayah Kabupaten Sekadau terdiri dari :
Utara : Kabupaten Sintang
Selatan : Kabupaten Ketapang
Timur : Kabupaten Sintang
Barat : Kabupaten Sanggau

Kabupaten Sekadau yang terdiri dari tujuh kecamatan jika dilihat kecamatan terluas adalah Kecamatan Belitang Hulu dengan luas 116.270 ha atau sekitar 21,36% dari luas kabupaten. Sedangkan kecamatan terkecil adalah Kecamatan Belitang dengan luas 28.100 ha atau 5,16%.

Pada umumnya Kabupaten Sekadau merupakan daerah dataran tinggi yang berbukit dan berawa-rawa yang dialiri oleh beberapa sungai di antaranya: Sungai Kapuas, Sungai Belitang, dan Sungai Sekadau. Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Kal-Bar yang mengalir dari Kabupaten Kapuas Hulu, melalui Kabupaten Sintang, Kabupaten Sekadau, dan bermuara di Kabupaten Pontianak. Sedangkan sungai-sungai kecil lainnya merupakan cabang dari Sungai Kapuas yang berhubungan satu dengan yang lainnya.

Menurut jenis tanah permukaan yang terdapat di Kabupaten Sekadau, sebagian besar adalah jenis tanah polsolik merah kuning batuan dan padat yang hampir merata di seluruh kecamatan, kecuali Kecamatan Nanga Taman dan Nanga Mahap, dengan luas mencapai sekitar 390.951 hektar (71,81%) dan sisanya terdiri atas jenis tanah Podsol (26,68%) dan Alluvial (1,51%).

Jenis Kandungan tanah yang terdapat di Kabupaten Sekadau sebagian besar adalah Plistosen-Pliosen (47,77%), Intrusif dan Plutonik Basa Menengah (31,49%) dan sisanya terdiri atas Kwarteier, Sekis Hablur, Intrusif, dan Plutonik Asam, Permo Karbon, Trias, dan Efusif Menengah.


Pada Umumnya keadaan topografi Kabupaten Sekadau terdiri atas wilayah dengan keadaan kelas lereng antara 2% sd 15% (325.210 hektar). Sedangkan kelas lereng yang melebihi 40 % sebesar 32.320 hektar.

Untuk memperoleh data lebih lanjut Anda dapan menghubungi Perpustakaan BPS Sekadau. Tabel-tabel yang disediakan meliputi :

1.Tabel Letak Geografis Kabupaten Sekadau Menurut Garis Lintang dan Bujur
2.Tabel Jarak Jalan Darat Antara Sekadau dengan Beberapa Kota Kecamatan dalam Daerah Kabupaten Sekadau
3.Tabel Batas Administratif Kabupaten Sekadau Menurut Kecamatan
4.Tabel Tinggi dari Permukaan Laut dan Luas Daerah Menurut Kecamatan Tahun 2007
5.Tabel Luas Wilayah di Kabupaten Sekadau Dirinci Menurut Jenis Tanah Permukaan
6.Tabel Luas Wilayah di Kabupaten Sekadau Dirinci Menurut Jenis Tekstur Tanah
7.Tabel Luas Wilayah di Kabupaten Sekadau Dirinci Menurut Jenis Kandungan Tanah
8.Tabel Luas Wilayah di Kabupaten Sekadau Dirinci Menurut Kelas Lereng

You are here: