510 Dosis Vaksin Untuk Masyarakat Belitang dan Belitang Hilir

Belitang, Madah Sekadau – Dalam rangka percepatan vaksinasi nasional untuk penanganan covid-19, Wakil Bupati Sekadau Subandrio melakukan peninjauan vaksinasi diwilayah Belitang dan Belitang Hilir, Jumat (27/8/2021).

Vaksinasi dilaksanakan digedung pertemuan umum Belitang dengan 210 dosis vaksin jenis Moderna. Alokasi jumlah vaksin diberikan kepada masyakat masing-masing 30 dosis per desa. Pengurangan jumlah peserta vaksin bagi desa Padak, dimana hanya disediakan 20 dosis bagi masyarakat dan 10 dosis dialokasikan bagi tenaga keaehatan.

Sedangkan wilayah Belitang Hilir pelaksanaan vaksinasi berlangsung diklinik PT. Parna Agromas Tapang Pulau. Sebanyak 300 dosis vaksin Moderna diberikan bagi karyawan perusahaan dan masyarakat sekitar.

Subandrio menghimbau agar masyarakat tidak takut untuk mengikuti vaksinasi covid-19 yang diselenggarakan oleh pemerintah. Hal tersebut sebagai wujud peran serta masyarakat dalam rangka mengatasi pandemi, selain penerapan protokol kesehatan.

“Vaksin ini aman dan halal. Bapak/ibu jangan takut divaksin. Vaksin ini bertujuan untuk membentuk kekebalan komunal,” ujar Subandrio.

“Target pemerintah daerah kedepan 80 persen masyarakat Kabupaten Sekadau sudah divaksin, terdiri dari orang dewasa dan anak-anak usia 12 hingga 17 tahun. Untuk anak-anak akan digencarkan Dinkes di sekolah tingkat SMP dam SMA,” tambahnya.

Di Kecamatan Belitang hingga saat ini warga yang sudah divaksin berjumlah 1.192 orang dari 14.751 jiwa jumlah total penduduk. Artinya sasaran vaksinasi baru mencapai 8 persen.

Camat Belitang, Hermansyah berharap agar pemerintah daerah dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati sebagai unsur pimpinan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten bisa menambah dosis vaksin untuk masyarakat Belitang.

“Semoga Desember nanti bisa mencapai 50 persen. Sekarang baru 8 persen, masih butuh perhatian. Kita butuh lagi jumlah dosis sebanyak mungkin,” harap Hermansyah.

Pada kesempatan berbeda, peninjauan vaksinasi diwilayah Belitang Hilir disambut baik oleh pimpinan PT. Parna Agromas. Vaksinasi oleh pemerintah daerah sebagai dukungan untuk membentuk kekebalan kelompok karyawan dan masyarakat disekitar perusahaan.

“Kami memandang ini sangat penting dalam mendukung kinerja. Terwujudnya masyarakat yang sehat agar ekokomi bisa bangkit,” kata Herkulanus Rudi selaku perwakilan pimpinan perusahaan.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin semakin tumbuh ditandai dengan tingginya antusias masyarakat Kecamatan Belitang dan Belitang Hilir melakukann pendaftaran. Dengan ketersediaan vaksin yang terbatas semoga menjadi perhatian pemerintah untuk pencapaian target percepatan vaksinasi nasional. (MadahSekadau/Aan/AK)

 

 

Bagikan :