55 Vial Vaksin Covid-19 untuk Belitang Hilir, Nakes Siap Divaksin

Belitang Hilir, Madah Sekadau – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sekadau mendistribusikan Vaksin Covid-19 ke wilayah Belitang Hilir yang dilaksanakan di Puskesmas Sungai Ayak, Jumat (29/1/2021).

Vaksin diterima dalam keadaan utuh dan baik oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Belitang Hilir yang terdiri dari Camat, Kapolsek, Danramil serta tim kesehatan puskesmas.

Kegiatan pendistribusian untuk wilayah Belitang Hilir dan Belitang Hulu dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau Budi Mustika.

Dalam sambutan singkatnya Budi Mustika menjelaskan bahwa sebanyak 55 vial vaksin yang diserahkan kepada Satgas Belitang Hilir ditujukan khusus kepada tenaga kesehatan.

“Vaksin ini difokuskan kepada tenaga kesehatan sebagai ujung tombak pemberian vaksin kedepan”, ungkapnya.

Vaksinisasi merupakan salah satu strategi pemerintah untuk mengendalikan laju penularan Covid-19.  Hal lain yang tetap perlu dilaksanakan yaitu 3M (mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan menggunakan masker). Semua ini merupakan langkah preventif yang selalu ditekankan pemerintah dalam rangka edukasi dan persuasi kesehatan terhadap masyarakat.

Seluruh unsur Satgas khususnya kecamatan diharapkan terus berperan memberikan sosialisasi dan pengawasan pelaksanaan berbagai langkah preventif penularan Covid-19.

“Kami berharap Satgas di kecamatan  tetap proaktif, bagaimana masyarakat patuh terhadap 3M”, harap Budi.

Hal lain yang penting pada masa pandemi ini adalah bagaimana masyarakat bijak mencerna pemberitaan dan hoaks dari berbagai media. Banyak hoaks beredar tentang vaksin covid-19 yang menimbulkan berbagai macam persepsi dan akhirnya membuat bingung masyarakat. Satgas kembali diminta untuk berperan aktif menangkal hoaks dengan memberikan pemahaman yang baik lewat berbagai upaya.

“Agar kita semua tidak terpengaruh terhadap isu-isu bahkan jangan sampai ikut berperilaku aktif menyebarkan hoaks terutama tentang vaksin”, tegas Budi.

Dalam kesempatan yang sama dr Rossy Tedjaningsih sebagai Kepala Puskesmas Sungai Ayak menyampaikan bahwa seluruh jajarannya telah siap untuk divaksin. Sejumlah 55 vial vaksin yang diterima telah sesuai dengan jumlah tenaga kesehatan yang ada diwilayahnya baik yang ada dipuskesmas induk dan polindes.

“Jumlah vaksin yang kami terima sesuai dengan jumlah staf kami dan jenis vaksinnya adalah Sinovac”, jelas dr Rossy.

Rencananya vaksinisasi akan dilaksanakan pada tanggal 3 sampai dengan tanggal 5 Februari 2021. Terbagi dalam 3 hari masing-masing 20 orang, 15 orang dan 15 orang.

“Kami nakes siap untuk divaksin, ini merupakan tonggak sebagai langkah awal dan harapan kami agar masyarakat awam tidak takut dan tidak ragu untuk divaksin. Vaksin ini penting untuk menekan penularan Covid-19”, tegas dr Rossy.

Puskesmas Sungai Ayak telah menyediakan ruangan penyimpanan khusus vaksin dan lemari pendingin untuk standar penyimpanan suhu 2 sampai dengan 8 derajat celcius. (MadahSekadau/Aan/AK)

Bagikan :