BPBD Kab.Sekadau Bentuk Desa Tangguh Bencana di Desa Rawak Hulu

Sekadau Hulu, Madah Sekadau – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau melaksanakan kegiatan fasilitasi pembentukan desa tangguh bencana di Desa Rawak Hulu, Kecamatan Sekadau Hulu, Selasa (16/3/2021). Kegiatan bertempat di gedung pertemuan umum kantor Camat Sekadau Hulu.

Kegiatan tersebut didasarkan pada Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 1 tahun 2012 tentang pedoman umum desa/kelurahan tangguh bencana dan hasil telaahan staf Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sekadau Kepada Bupati Sekadau nomor TS/017/BPBD-PB/2020.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sekadau, Matius Jon mengatakan bahwa desa tangguh bencana adalah desa yang memilki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan.

“Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana berupaya untuk membangun masyarakat tangguh bencana melalui program pengembangan desa tangguh bencana yang diimplementasikan melalui kegiatan fasilitasi pembentukan desa tangguh bencana oleh BPBD Kabupaten Sekadau,”Ungkap Jon.

“Dipilihnya Desa Rawak Hulu sebagai desa tangguh bencana tahun ini, didasarkan pada penilaian bahwa Desa Rawak Hulu merupakan desa yang wilayahnya rawan terhadap potensi bencana sehingga selalu menjadi prioritas penangan jika terjadi bencana,”Ujarnya

Matius Jon menambahkan, bahwa untuk sumber daya di Desa Rawak Hulu sudah cukup memadai terutama dari segi sumber daya manusianya, dimana untuk para relawannya cukup banyak serta dukungan dari masyarakat di desa tersebut. Selain itu, fasilitas lainnya juga mendukung jadi hanya tinggal dikelola dan diberi pemahaman serta suatu sistem bagaimana cara penanganan bencana itu.

Camat Sekadau Hulu, Aloysius Ashari mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan desa tangguh bencana yang dilaksanakan di Kecamatan Sekadau Hulu tersebut. Ia berharap, melalui kegiatan tersebut masyarakat terutama para relawan dapat lebih memahami proses penanganan bencana dan selalu siap dengan keadaan apapun, karena sebuah bencana tidak dapat diperkirakan kapan akan terjadi.

“Kita menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan BPBD Kabupaten Sekadau terutama telah memilih Desa Rawak Hulu Kecamatan Sekadau Hulu Sebagai tempat untuk dilaksanakannya kegiatan fasilitasi pelatihan pembetukan desa tangguh bencana,”Kata Aloysius.

“Kita merasa sangat terbantu karena memang Desa Rawak Hulu merupakan wilayah yang rentan mengalami bencana banjir tahunan, sehingga dengan dibentuknya desa ini menjadi desa tangguh bencana kita berharap masyarakat kita terutama di desa Rawak Hulu benar-benar siap, memahami dan mengerti bagaimana proses penanganan bencana ini terutama yang tinggal dibantaran sungai,”Tegasnya.

“Saya berpesan kepada para peserta yang mengikuti kegiatan ini agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sunguh dan dengan baik supaya nanti apa yang mereka dapatkan bisa mereka implementasikan ketika bencana itu terjadi,”Tambahnya.

Adapun peserta kegiatan tersebut adalah Aparatur Desa Rawak Hulu, BPD, Babinsa, Babinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh adat, pengusaha, PKK, karang taruna, relawan Desa Rawak Hulu, disamping unsur-unsur tersebut peserta kegiatan juga melibatkan para kepala desa dari 14 desa yang ada di Kecamatan Sekadau Hulu. (MadahSekadau/YD/AK)

Bagikan :