BPBD Sekadau: Sudah 3 Pekan Banjir Genangi 3 Kecamatan di Kabupaten Sekadau

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Banjir masih melanda beberapa wilayah di Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat hingga Jumat (12/11/2021). Ketinggian genangan air beragam dari 50 cm hingga 3 meter. Banjir yang masih terjadi mengakibatkan terputusnya jalur transportasi yang berdampak pada menurunnya tingkat perekonomian masyarakat dibeberapa wilayah di Kabupaten Sekadau.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sekadau, Matius Jhon menjelaskan bahwa, sampai dengan hari ini sudah 21 hari 3 Kecamatan di Kebupaten Sekadau terendam oleh banjir, diantaranya Sekadau Hilir, Belitang Hilir dan Belitang dimana wilayah tersebut merupakan wilayah dataran rendah.

“Kemudian, ketingguan air sampai dengan hari ini berdasarkan laporan kawan-kawan dilapangan itu bervariasi antara 50 cm sampai dengan 3 meter,” jelas Jhon.

“Untuk kondisi hari ini, jika dibandingkan dengan kemarin itu ketinggian tinggi permukaan air banjir itu bertahan. Jadi tidak surut dan tidak juga naik, jika dibandingkan hari kemarin tanggal 11 november 2021,” tandasnya.

Selanjutnya, Matius Jhon menambahkan, terkait dari data dan laporan terkini di BPBD Kabupaten Sekadau, jumlah desa yang terdampak banjir di Kabupaten Sekadau yaitu sebanyak 28 desa.

“Sampai dengan hari ini tanggal 12 november 2021, hari yang ke 21 ini jadi sudah 3 pekan banjir di Kabupaten Sekadau dengan jumlah KK yang terdampak itu di 3 Kecamatan kurang lebih 5415 Kepala Keluarga,” ungkap Jhon.

“Yang mengungsi sebanyak kurang lebih 891 KK, kemudian kalau kita hitung perjiwa  yang terdampak itu kurang lebih 19.014 jiwa, sedangkan yang mengungsi itu sebanyak 3.160 jiwa,” pungkasnya.

Sampai dengan hari ini, terdapat 1 korban meninggal yang diakibatkan oleh banjir yang terjadi pada tanggal 5 oktober yang lalu di Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir. (MadahSekadau/Amd/Edo/YD/AK).

Bagikan :