Bupati Sekadau Deklarasikan Desa Empajak Sebagai Desa ODF

Bupati Sekadau Rupinus mendeklarasikan Desa Empajak sebagai desa ODF (Open Defaction Free) atau stop buang air besar sembarangan yang dilaksanakan di halaman kantor Desa Empajak, Kecamatan Belitang Hilir, Senin (31/08/2020). Deklarasi ODF tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Sekadau Rupinus yang disaksikan langsung masyarakat Desa Empajak.

Rupinus menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat dan perangkat Desa Empajak serta Pemerintah Kecamatan Belitang Hilir yang telah mendeklarasikan Desa Empajak sebagai desa ODF. Ia mendukung deklarasi ODF tersebut karena Pemerintah Kabupaten Sekadau sangat konsen dengan peningkatan kesehatan masyarakat di Kabupaten Sekadau khususnya di Desa Empajak tersebut.

“Hari ini Desa Empajak telah mencatat sejarah yaitu dideklarasikannya stop buang air besar sembarangan, artinya bahwa semua kepala keluarga, semua rumah yang ada di Desa Empajak ini sudah menggunakan wc, sehingga tidak lagi membuang air besar di sembarangan tempat,” Ujar Rupinus.

“Kami sangat mendukung karena ini juga merupakan program pemerintah dalam rangka mendorong gerakan masyarakat hidup sehat, dimana kita tahu bahwa 40 persen kesehatan yang ada di tempat kita dipengaruhi oleh lingkungan,”Terangnya.

“Jadi dengan diadakannya deklarasi ODF ini, maka kita satu langkah lebih maju dimana kita ingin menciptakan bahwa lingkungan disekitar kita sehat, karena apabila sehat tidak akan menimbulkan penyakit,”Sambungnya.

Sementara itu, Plt.Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau Henry Alpius mengatakan bahwa sebelum dilaksanakan deklarasi ODF tersebut, pihaknya telah melakukan verifikasi pada tanggal 10 Agustus 2020 didua dusun yang ada di Desa Empajak, yaitu Dusun Sumpit dan Dusun Entingang. Selain itu,Henry juga mengapresiasi komitmen dari masyarakat dan perangkat Desa Empajak yang telah berkomitmen untuk melakukan deklarasi ODF itu.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh masyarakat bersama pemerintah Kecamatan Belitang Hilir dan Puskesmas Sungai Ayak yang telah berhasil mewujudkan Desa Empajak sebagai desa ODF yang kedua di Kecamatan Belitang Hilir dan Kesembilan ditahun ini,”Ungkap Henry.

“Desa Empajak telah membuktikan kalau kita serius dan berkomitmen, maka kita akan bisa, dan setelah berhasil ODF ini saya harapkan agar dapat berlanjut ke pilar STBM selanjutnya hingga mencapai desa STBM,”Pungkasnya.

Kepala Desa Empajak Wilnaris Bahari menyebutkan jika deklarasi ODF tersebut dapat terlaksana berkat dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak terutama masyarakat di Desa Empajak.

“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Bupati dan Wakil Bupati Sekadau, camat Belitang Hilir serta pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau yang  telah mendukung kami dalam mewujudkan deklarasi ODF di desa kami ini, tanpa adanya dukungan tersebut saya rasa ini akan sulit untuk diwujudkan”Ucap Bahari.

“Atas kerjasama seluruh masyakat di Desa Empajak, kami berkomitmen untuk stop buang air besar sembarangan serta melakukan pola hidup yang bersih dan sehat,”Tuturnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Sekadau Aloysius, Plt. Kadis Kesehatan PP dan KB Kab. Sekadau Henry Alpius, Kepala Dinas Perhubungan Kab.Sekadau Ab.Yasin, Kasat Pol PP Kab.Sekadau Yapet Simon, Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau Kristina Rupinus, Ketua GOW Kab.Sekadau Vixtima Heri Supriyanti, Camat Belitang Hilir serta Forkopimca Kecamatan Belitang Hilir. (Madah Sekadau/YD/AK)

Bagikan :