Bupati Sekadau Hadiri Panen Perdana Jagung dan Ikan Nila Kelompok Tani Sumber Makmur

Nanga Taman, Madah Sekadau – Bupati Sekadau Aron menghadiri panen jagung hibrida kelompok tani Sumber Makmur Desa Rirang Jati, Kecamatan Nanga Taman, Kamis (24/3/2022).

Selain melaksanakan panen jagung, dikesempatan yang sama juga dilaksanakan panen ikan nila milik kelompok tani Sumber Makmur tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati Sekadau Aron menyambut baik kegiatan tersebut dan ia berharap kepada para petani agar tetap bersemangat serta menjaga kekompakan, sukses atau tidaknya seorang petani berasal dari diri sendiri karena faktor lain seperti berbagai bantuan dari pemerintah kepada para petani hanya semata-mata sebagai stimulan belaka.

“Mari kita tetap bersemangat dan tetap kompak, karena bagaimanapun sukses tidaknya kita itu tergantung pada diri kita masing-masing, bukan tergantung pada orang lain,”Ucap Aron.

“Berhasil atau tidaknya yang dikerjakan oleh bapak ibu sekalian itu tergantung pada diri masing-masing, jadi kapasitas kami di Pemerintah Daerah hanya memberikan suport, memberikan semangat serta memberikan sedikit bantuan baik berupa finansial, bibit maupun pupuk serta lain sebagainya tetapi semua itu kuncinya pada bapak ibu sekalian,”Tegasnya.

Dalam penyampaiannya tersebut, Aron juga meminta kepada para PPL dari DKP3 Kabupaten Sekadau agar tidak berputus asa dan tetap bersemangat untuk terus mendampingi serta memberikan arahan kepada para petani karena dalam hal kehidupan pasti ada pasang surutnya.

“Kami juga mengingatkan kepada para PPL sekalian untuk jangan berputus asa, karena hidup ini pasti ada pasang surutnya, oleh karena itu jangan cemas kita hasil panen para petani tidak sesuai dengan yang diharapkan dan jangan pula berbesar diri ketika mendapatkan hasil yang melimpah, jadikan semua itu menjadi sebuah proses bagi kita untuk menjadi lebih baik,”Katanya.

“Melalui program unggulan kita IP3K harapannya bisa membantu para petani di Kabupaten Sekadau untuk meningkatkan hasil produksi serta memperbaiki taraf hidup para petani untuk menjadi lebih sejahtera,”Ungkapnya.

Ketua Kelompok tani Sumber Makmur Aloysius mengatakan bahwa, mulai berdirinya kelompok tani Sumber Makmur itu merintis kegiatan penanaman cabe dimana pada tahun 2019 kelompok tani Sumber Makmur mendapat bantuan pengembangan tanaman cabe sebanyak 10 hektar dari dinas terkait dan hasil panennya cukup memuaskan.

Namun, Aloysius mengatakan pada tahun 2020 kelompok tani Sumber Makmur kembali melakukan penanaman cabe, akan tetapi hasilnya tidak begitu baik, dimana 75 persen mengalami gagal panen.

“Setelah mengalami kegagalan itu, kami mencoba mencari peruntungan dibidang lainnya, sampai saat ini kami telah mencoba budidaya ikan nila dengan modal awal dari urunan anggota kita dan untuk kolamnya kita pinjam pakai kolam milik anggota kita,”Ujar Aloy.

“Kelompok tani kita saat ini memiliki 7 kolam , dimana untuk 2 kolamnya diisi dengan ikan nila dan ikan lele hasil swadaya, dan untuk 5 kolam lainnya berisi ikan nila bantuan Dana Dak 2021,”Ucapnya.

Selain melakukan budidaya ikan nila, kelompok tani Sumber Makmur juga melakukan penanaman jagung yang saat ini dilakukan panen perdana oleh Bupati Sekadau beserta rombongan. Untuk luas wilayah lahan tanaman jagung kelompok tani Sumber Makmur yaitu kurang lebih 1 hektar dan hingga saat ini Aloysius mengatakan pihaknya masih kesulitan untuk memasarkan hasil dari panen jagung tersebut.

“Berbicara tentang rencana pemasaran dan penjualan sampai saat ini untuk jagung kami belum menemukan pembelinya, namun hal ini tidak akan menurunkan semangat kami, karena ini akan menjadi modal bagi kami bahwa kita petani di Kabupaten Sekadau juga bisa memproduksi jagung,”Katanya.

“Saya yakin bahwa jika nanti setelah jagung kita tersedia, pasti akan ada peminatnya, dan mudah-mudahan kita bisa menemukan pembeli yang bisa berkelanjutan agar kami bisa menampung hasil panen jagung dari kelompok kita,”Pungasknya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Sekadau Hironimus, Kadis DKP3 Kabupaten Sekadau Sandae, Plt.Kadis Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau Henry Alpius, Camat Nanga Taman Gunawan, serta Forkopimcam Kecamatan Nanga Taman.  (Madah Sekadau/YD/Bujang/AK)

Bagikan :