Bupati Sekadau Lakukan Tanam Perdana Program P2L di Desa Nanga Mentukak

Nanga Taman, Madah Sekadau – Bupati Sekadau, Aron menghadiri Acara Tanam Perdana Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Desa Nanga Mentukak, Kecamatan Nanga Taman, Kabupaten Sekadau, Kamis (19/8/2021).

Kegiatan diawali dengan melakukan penanaman perdana pokok cabe jenis cakra oleh Bupati Sekadau beserta rombongan yang dilakukan di Kebun Bibit Kelompok Wanita Tani (KWT) Tunas Jaya yang dikelola oleh TP.PKK Desa Nanga Mentukak.

Pada kesempatan tersebut, Aron menjelaskan bahwa cabe merupakan produk unggul Kabupaten Sekadau yang sangat berkembang terutama di Kecamatan Nanga Taman dan Nanga Mahap.

“Oleh karena itu Pemerintah Daerah sangat mendukung kegiatan ini dan juga dalam rangka mendukung para petani sekalian,” jelas Bupati Sekadau tersebut.

Selanjutnya, Aron mengimbau agar tidak malu untuk menjadi petani, karena saat ini juga banyak pejabat-pejabat yang juga berkebun di sela waktu luangnya. “karena itu untuk menghilangkan stres, sehingga banyak orang memilih untuk kembali ke alam”, tandasnya.

Sementara itu, Camat Nanga Taman, Paulus Ugang mengatakan bahwa kegiatan P2L yang mendapatkan bantuan pada tahun 2021 terdapat di 2 Desa yaitu di Desa Nanga Mentukak dan Desa Pantok.

“P2L ini dilaksanakan oleh kelompok masyarakat secara bersama-sama, mengusahakan lahan perkarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan aksesibilitas dan pemanfaatan pendapatan keluarga”, kata Ugang.

Ia juga menyampaikan bahwa pada tahun 2020 lalu terdapat beberapa Desa di Nanga Taman yang mendapatkan bantuan seperti ini. “Salah satunya yaitu Desa Nanga Koman, disana juga masyarakatnya sangat aktif dengan cara bergotong royong, mulai dari menyemai sampai menjual hasilnya”, pungkasnya.

Adapun tanaman jenis sayur-sayuran yang di kelola oleh KWT Tunas Jaya Desa Nanga Mentukak diantaranya yaitu, Kangkung, Cabe, Terong, Gambas dan Kacang Panjang. Pada acara tersebut juga dilakukan pemberian bantuan secara simbolis berupa 1 karung beras oleh Bupati Sekadau kepada masyarakat Desa Nanga Mentukak.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Ketua TP.PKK Kabupaten Sekadau, Kepala Satuan Pol PP, Kepala Bappeda Litbang, Kepala Dinas Perindagkop, Kepala Dinas KP3, Anggota DPRD Sekadau, Dinas Perhubungan Kabupaten Sekadau, Camat Nanga Taman, Kepala Desa Nanga Mentukak, Kapolsek, serta Danramil Nanga Taman. (MadahSekadau/Amd/AK)

Bagikan :