Bupati Sekadau Pimpin Upacara Peringatan HAB Kementerian Agama Ke-76

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Kementerian Agama Wilayah Sekadau menggelar kegiatan Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-76 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Kementerian Agama Wilayah Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Senin (3/1/2022). Upacara peringatan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Sekadau, Aron yang bertindak sebagai pembina upacara.

Pada kesempatan tersebut Aron membacakan amanat Kementerian Agama yang menjelaskan bahwa setiap tanggal 3 Januari keluarga besar Kementerian Agama memperingati HAB dengan penuh rasa syukur dan suka cita.

Sebab, tutur dia, sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini, Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi Pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman ajaran agama serta tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

“Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, Konstitusi dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya,” jelas Aron.

“Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 menjadi 83,92 ditahun 2021 dan Indeks Kerukunan Umat beragama juga mengalami peningkatan dari 67,46 menjadi 72,39 ditahun 2021. Serta Indeks Kepuasan Layanan KUA dari 77,28 menjadi 78,90 ditahun 2021,” tutur dia.

Selain itu, dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya dengan kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan tahun 2020 yang menjadikan prestasi yang diraih selama 5 tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

“Kita semua memahami, prestasi yang dicapai oleh Kementarian Agama merupakan hasil kerja keras dari perintis dan sesepuh Kementarian Agama serta saudara sekalian,” tandasnya.

“Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terimakasih kepada segenap Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama yang selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan dan kinerja Kementerian Agama,” tutup Aron.

Pada akhir kegiatan dilakukan penyematan pin Satya Lencana oleh Bupati Sekadau kepada 14 orang yang telah ditetapkan atas pengabdiannya pada Kementerian Agama Wilayah Sekadau selama 10 tahun atau lebih.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Kementerian Agama Wilayah Sekadau, Tengku Indra Kusuma, Camat Sekadau Hilir, Syafi’I Yanto, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Sekadau, Mudhlar, jajaran pejabat dilingkungan Kantor Kementerian Agama Wilayah Sekadau serta para anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sekadau dan para Guru Agama se-Kabupaten Sekadau. (MadahSekadau/Amd/AK)

Bagikan :