Deklarasi ODF Desa Bukit Rambat, Bupati Aron Apresiasi Komitmen Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Belitang Hulu, Madah Sekadau – Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau melalui Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau menggelar Kegiatan Deklarasi Desa Open Defecation Free (ODF) di Desa Bukit Rambat, Kecamatan Belitang Hulu, Kabupaten Sekadau, Senin (20/5/2024).

Kegiatan yang bertajuk Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) tersebut dibuka oleh Bupati Sekadau Aron didampingi

Bupati Sekadau Aron dalam sambutannya mengapresiasi capaian Desa Bukit Rambat Kecamatan Belitang Hulu yang telah berkomitmen dalam mendeklarasikan lima pilar STBM.

“Dideklarasikannya 5 pilar STBM ini artinya bahwa masyarakat Desa Bukit Rambat telah sepakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan untuk tidak membuang air besar di sembarang tempat,” ucap Aron.

Selain itu Bupati Aron berharap, setelah dicanangkan sebagai Desa ODF, Desa Bukit Rambat bisa menjadi contoh kepada desa-desa lainnya yang belum mendeklarasikan ODF agar bisa menciptakan sanitasi yang bersih, pengelolaan air minum yang higienis, memiliki jamban keluarga mandiri serta menerapkan program-program lingkungan yang sehat lainnya.

Lebih lanjut, Bupati Sekadau Aron mengatakan pada saat ini bukan lagi jamannya untuk melakukan buang air di sembarang tempat tetapi sekarang jamannya yaitu sudah harus memiliki wc mandiri di setiap rumah.

“Karena apa, karena wc itu sendiri sudah merupakan sebuah kebutuhan, sekarang juga sudah saatnya untuk merubah pola hidup untuk menuju kepada kehidupan yang lebih sehat,” lanjut dia

Pada acara tersebut juga dilakukan penandatanganan prasasti ODF oleh Bupati Sekadau Aron dilanjutkan dengan pembukaan tirai STBM dan penandatanganan komitmen bersama dalam melanjutkan 5 pilar STBM pada Desa Bukit Rambat serta diakhiri dengan foto bersama.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Anggota DPRD Sekadau Jefray Raja Tugam, Kepala Bidang SDK Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Yulius Jualang, Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kabupaten Sekadau Henry Alpius, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sekadau Fran Dawal, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sekadau Hermansyah, Kepala Dinas PUPR Heri Handoko, Kepala BPSDM Kabupaten Sekadau Radius, Camat Belitang Hulu Jihon, Camat Belitang Najur, Kepala Desa Bukit Rambat Bakui, Forkopimcam Belitang Hulu, serta Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat di Kecamatan Belitang Hulu. (MadahSekadau/Amd/Ht)

Bagikan :
error: Konten di Proteksi