Dinas LH Sekadau Gelar Konsultasi Publik Bahas Isu Perioritas Strategis IKPLHD

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Dalam rangka penyusunan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) tahun 2024, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sekadau menggelar konsultasi publik penetapan isu prioritas strategis Dokumen IKPLHD, bertempat di aula gedung PKK Kabupaten Sekadau, Rabu (12/6/2024).

Bupati Sekadau Aron yang wakili oleh Asisten III Administrasi Umum Setda Kabupaten Sekadau Sapto Utomo dalam sambutanya menyampaikan salah satu faktor kunci untuk memenuhi hak dan kewajiban dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah tersedianya data dan informasi lingkungan bagi seluruh pihak.

“Agar data dan informasi mengenai lingkungan hidup dapat tersedia dan terakses, pemerintah pusat dan daerah mengembangkan aplikasi sistem informasi lingkungan hidup dan kehutanan daerah (SILHKD) dan DIKPLHD,”Ujar Sapto.

“DIKPLHD dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi serta wajib dipublikasikan kepada masyarakat dan menjadi bagian penting sebagai sarana penyediaan data dan informasi lingkungan hidup untuk menjadi acuan kebijakan dan perencanaan Pemda dalam menentukan prioritas pembangunan sesuai prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan hidup,”Tegasnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sekadau Apeng Petrus dalam laporannya menyampaikan bahwa DIKPLHD merupakan laporan status lingkungan hidup daerah, dan DIKPLHD memuat isu prioritas yang merupakan isu utama yang menjadi prioritas dalam memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah.

“Penyaringan isu prioritas melibatkan lembaga swadaya masyarakat, perguruan tinggi dan organisasi perangkat daerah (Stakeholder),”Tutur Apeng.

“Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah memberi informasi tentang penyebab terjadinya masalah lingkungan hidup, kondisi lingkungan hidup dan kebijakan yang ditetapkan untuk memperbaiki kondisi lingkungan hidup kepada pihak terkait untuk digunakan dalam menentukan isu prioritas,”Tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Plh Sekda Kabupaten Sekadau Heronimus, Kepala Kadis Lingkungan Hidup Kab.Sekadau Apeng Petrus, Kadis PUPR Kabupaten Sekadau Heri Handoko, Kepala Bappenda Kabupaten Sekadau Teresia lili, Kadishub Kabupaten Sekadau Hermansyah, Kepala Disporapar Kab.Sekadau Bayu Dwi Harsono, Direktur RSUD Sekadau dr Tanjung HaHarapan Tampubolon, Camat Nanga Mahap Franseda Sasak serta tamu undangan lainnya. (Madah Sekadau/Yd/Ht)

Bagikan :
error: Konten di Proteksi