FKUB Gelar Forum Diskusi Dalam Mengoptimalkan Tingkat Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Sekadau

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sekadau bekerjasama dengan Pemda Sekadau dan Polres Sekadau menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan di Aula Hotel Pondok Indah, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Selasa (19/10/2021).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sekadau, Fendy didampingi Ketua FKUB Kabupaten Sekadau, Paulus Lion, Danramil 1204/Sekadau Hilir, Kapten (Arh) L.Simaremare serta Kabag Perencanaan Polres Sekadau, Kompol Wardaya.

Pada kesempatan tersebut, Fendy mengungkapkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki dasar negara yaitu Pancasila dan UUD 1945 sebagai bentuk pemersatu bangsa didalam umat beragama.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa semua masyarakat di Indonesia ini beragama dan tidak ada barangkali yang mengatakan bahwa dirinya tidak beragama, apalagi sampai saat ini ada 6 agama yang diyakini di Negeri yang kita cintai ini,”  ungkap Fendy.

“Kemudian kita juga diwarnai dengan keberagaman suku dan bahasa yang terdiri dari berbagi pulau dari sabang sampai merauke serta masih banyak lagi perbedaan yang menyatukan bangsa kita ini,” tandasnya.

Selain itu, ia menambahkan dengan adanya pertemuan pada kegiatan FKUB ini diharapkan dapat memberikan energi positif untuk menjaga kerukunan beragama didalam Negeri yang kita cintai ini.

Sementara itu, Paulus Lion menjelaskan bahwa, setiap manusia hidup berdampingan dengan sesama manusia walaupun dengan berbeda-beda agama, karena didalam kehidupan akan selalu membutuhkan uluran tangan orang lain.

“Kita boleh menghayati agama kita dengan 100 persen, tetapi kita juga harus sadar bahwa kita hidup dilingkungan yang berdampingan dengan orang lain dan tidak bisa sendiri-sendiri,” jelas Lion.

“Artinya, dimana saja kita berada kita hidup itu untuk bersama, kita ada karena ada orang dan orang itu ada karena ada kita. Itu konsep yang utama filosofisnya,” pungkas Lion.

Adapun kegiatan FGD tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk mengoptimalisasi kerukunan umat beragama dalam mengangkat munculnya sikap toleransi serta mencegah radikalisme di wilayah Kabupaten Sekadau.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Plt Kepala Badan Kesbangpol Sekadau, M Idris, Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau, Magdalena Susilawati, Kasi Binmas Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau, Yohanes Kusnadi serta perwakilan dari berbagai organisasi keagamaan yang ada di Kabupaten Sekadau. (MadahSekadau/Amd/AK)

Bagikan :