Gelar Coffee Morning KPU Sosialisasikan Aplikasi Kepemiluan

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau menggelar acara Coffee Morning guna sosialisasikan sistem informasi dan aplikasi Kepemiluan di Lupung Coffee, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kamis (22/9/2022).

Kegiatan Coffee Morning ini merupakan komitmen KPU sebagai penyelenggara bagi para pemilih yang akan menyalurkan haknya pada pemilu serentak 14 Februari 2024.

Pada kegiatan tersebut dilakukan diskusi mengenai keterkaitan antara media sosial dan pemilu. Pada Pemilihan Umum 2024 media sosial punya peranan sangat penting.

Sutet sebagai perwakilan dari Bawaslu mengatakan bahwa Bawaslu juga akan menggandeng konten kreator untuk mengawasi pemilu dan membuat konten-konten kreatif untuk sosialisasi mengenai pemilu kepada masyarakat.

“Bawaslu juga akan bekerjasama dengan Mafindo untuk mengecek informasi di media sosial terkait hoax yg beredar menjelang pemilu serta mengajak seluruh pihak untuk melakukan pencegahan pelanggaran saat pemilu dan bersama sama mensukseskan tahapan pemilu yang akan berlangsung,” ucap Sutet.

Wakapolres Sekadau M.Aminuddin menjelaskan bahwa pihak kepolisian juga sudah siap mengamankan pemilu dan Menjaga stabilitas politik di Kabupaten Sekadau.

“Kami ingin semua media baik media cetak maupun media online yang ada di Kabupaten Sekadau bisa memberikan informasi yang transparan dan no hoax,” pungkas Aminuddin.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Matius Jon menyebut ada 4 hal penting yang rawan dalam pemilu berkaitan dengan ilmu komunikasi dan sistem informasi.

“Yaitu Psywar atau perang psikologis dengan didukung adanya propaganda, Penyebaran hoax yaitu kebohongan yang sengaja dibuat, Mengubah dan memanipulasi atau memalsukan data dan Adanya salah perhitungan yang disebabkan oleh human error,” pungkas Matius Jon.

Danramil Sekadau Hulu Kapten Inf Indra Chaniago menyebut bahwa Kendala mengenai jaringan/sinyal juga harus diperhatikan agar tidak menjadi faktor terjadinya kecurangan saat pemilu, seperti adanya kesalahan, pemanipulasian dan kecurangan data yang di input dengan alasan sinyal, Hal ini perlu di perhatikan agar pemilu dapat berjalan dengan lancar.

Adapun narasumber pada acara Coffee Morning tentang Sistem Informasi dan Aplikasi Kepemiluan tersebut yaitu, Ketua KPU Drianus Saban, Kepala Dinas Kominfo Matius Jon, Komisioner Bawaslu Tiodorus Sutet, Wakapolres Sekadau M.Aminuddin serta Danramil Sekadau Hulu Kapten Inf Indra Chaniago.

Hadir juga pada acara tersebut Ketua FKUB Paulus Lion, Ketua DAD Sekadau Welbertus Welly, Ketua MABM Sekadau Syafi’i Yanto, Ketua MABT Sekadau, Sekretaris Dinas Kominfo Sekadau Handayani, Kabid Politik Dalam Negeri Kesbangpol Sekadau Hermanto, para anggota Komisioner KPU serta para perwakilan Media di Kabupaten Sekadau. (MadahSekadau/Wan/Amd/Tiara/Edo/AK)

Bagikan :