Buka Rakor Persiapan Pilkada, Bupati Sekadau Harap Jaga Netralitas di Pilkada 2020

Buka Rakor Persiapan Pilkada, Bupati Sekadau Harap Jaga Netralitas di Pilkada 2020

Buka Rakor Persiapan Pilkada, Bupati Sekadau Harap Jaga Netralitas di Pilkada 2020

 

Sekadau Hilir, Madah Sekadau - Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sekadau bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sekadau menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada 2020 yang dilaksanakan di ruang serbaguna Kantor Bupati Sekadau, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Selasa (11/2). Kegiatan Rapat Koordinasi tersebut di buka secara resmi oleh Bupati Sekadau, Rupinus.

Pada Kesempatan tersebut Bupati Sekadau, Rupinus dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Sekadau akan mengikuti agenda besar pesta demokrasi pada tahun 2020 ini yaitu pilkada serentak yang dilaksanakan di 270 daerah di Indonesia yang terdiri dari 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota.

"Ada 7 daerah yang melasanakan Pilkada Serentak di Proinsi Kalimantan Barat yaitu, Kabupaten Sambas, Bengkayang, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu dan Ketapang, Sekadau sebagai salah satu Kabupaten yang mengikuti pesta demokrasi, dengan ini tentu kita harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya," jelas Rupinus.

"Pada tanggal 23 September 2020 kita akan mengadakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak di tujuh daerah di Provinsi Kalimantan Barat, saya berharap para Kepala Desa tetap menjaga netralitasnya, jaga kamtibmas di wilayahnya masing-masing," tambahnya.

Sementara itu Sekertaris Daerah Kabupaen Sekadau, Zakaria mengungkapkan bahwa dalam mewujudkan pilkada yang baik, seluruh masyarakat harus memahami azas pilkada yaitu langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil.

"Tentunya tidak semua masyarakat kita mengerti apa yang menjadi hak dan kewajibannya, oleh karena itu penting bagi kita semua untuk memahami baik itu tahapan, jadwal, strategi pengawasan dan pengamanan untuk mewujudkan azas Pilkada yang langsung, umum, bebas rahasia, jujur dan adil," ungkap Zakaraia.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan kepada seluruh aparatur Pemerintahan di lingkungan Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Sekadau bahwa Kabupaten Sekadau akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu pilkada serentak pada tahun 2020.

Pada acara tersebut dilakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemerintah Daerah dengan KPU Kabupaten Sekadau, Bawaslu Kabupaten Sekadau, Polres Sekadau dan Kodim 1204 Sanggau untuk tahun anggaran 2020, serta dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber kepada seluruh peserta undangan.