Wakil Bupati Sekadau Buka Kegiatan Musrenbang Tingkat Kabupaten Sekadau Tahun 2021

Wakil Bupati Sekadau Buka Kegiatan Musrenbang Tingkat Kabupaten Sekadau Tahun 2021

Wakil Bupati Sekadau Buka Kegiatan Musrenbang Tingkat Kabupaten Sekadau Tahun 2021

 

Nanga Mahap, Madah Sekadau - Pemerintah Kabupaten Sekadau melaksankan Kagiatan Musrenbang tingkat Kaupaten Sekadau tahun 2021 yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Nanga Mahap, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Selasa (11/2). Kegiatan Musrenbang tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Sekadau, Aloysius.

Musrenbang Kabupaten di Kecamatan  ini merupakan penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Sekadau tahun 2021 yang bermuara dari hasil pelaksanaan Musrenbang Desa yang nantinya akan dibahas pada pertemuan tingkat yang lebih tinggi di dalam Musrenbang Kabupaten.

Pada Kesempatan tersebut Wakil Bupati Sekadau, Aloysius dalam sambutannya mengatakan Musrenbang dilaksaskan berdasarkan Amanat Pasal 95 Pemendagri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evalusai Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.

"Musrenbang sendiri merupakan forum antar pemangku kepentingan yaitu pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah," jelas Aloysius.

"Musrenbang juga dapat dijadikan media perencanaan pembangunan bagi seluruh stakeholder, oleh karena itu pelaksanaan Musrenbang RKPD ini hendakanya dapat dilaksanakan dengan tertib dan lancar serta penuh kesungguhan sehingga dapat menghasilkan  usulan program kegiatan yang realistis dan berkualitas," tambahnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka  agenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2021 Kabupaten Sekadau di Kecamatan.

Adapun tujuan dilaksankannya Musrenbang  Kecamatan ini, yaitu untuk membahas dan menyepakati hasil Musrenbang tingkat Desa yang akan menjadi skala prioritas kegiatan pembangunan diwilayah Kecamatan, menetapkan prioritas kegiatan pembangunan di tingkat  Kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan melalui sumber-sumber pembiayaan desa, melakukan klasifikasi atas masukan Desa dan penyampaian informasi rencana kerja kegiatan pembangunan Kecamatan sesuai dengan fungsi-fungsi SKPD Kabupaten, serta  menghasilkan rencana pembangunan tahun 2021 yang akan diusulkan  dan dibiayai melalui sumber-sumber pembiayaan baik dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN.

(MadahSekadau/Amd/Edo/Komi)