Kumpang Ilong Penutup Penilaian Lomba Desa Tingkat Kab.Sekadau Tahun 2020

Kumpang Ilong Penutup Penilaian Lomba Desa Tingkat Kab.Sekadau Tahun 2020

Kumpang Ilong Penutup Penilaian Lomba Desa Tingkat Kab.Sekadau Tahun 2020

 

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau melaksanakan kegiatan Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Sekadau Tahun 2020 yang diselenggarakan Desa Kumpang Ilong, Kecamatan Belitang Hulu, Kabupaten Sekadau, Rabu (11/3). Penilaian Lomba Desa tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau dan sekaligus menjadi Lomba Desa penutup yang dilaksanakan di Kabupaten Sekadau tahun 2020.

Acara diawali dengan penyambutan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) beserta rombongan Tim Penilai Lomba Desa dan dilakukan pengalungan bunga serta dilanjutkan dengan tarian adat dayak setempat.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas PMD Kabupaten Sekadau, Bayu Dwi Harsono dalam sambutanya menjelaskan bahwa kegiatan Lomba Desa ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2015 Tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan dalam rangkaian kegiatan Lomba Desa.

“Perlombaan Desa dan Kelurahan dilakukan berdasarkan pada hasil penilaian serta tambahan syarat memiliki profil Desa dua tahun terakhir pada tahun 2018 dan tahun 2019 yang memiliki Peraturan Desa tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa),” jelas Bayu

Penilaian Lomba Desa tersebut dalam rangka memacu percepatan pemberdayaan masyarakat melalui upaya-upaya penguatan kelembagaan, peningkatan partisipasi masyarakat dan meningkatkan swadaya gotong royong dalam membangun Desa.

Sementara itu Ketua Gabungan Organisiasi Wanita (GOW) Kabupaten Sekadau, Vixtima Heri Supriyanti Aloysius mengatakan ada beberapa aspek yang dinilai oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau dalam penilaian lomba desa, salah satunya yaitu pada pelaksanaan PKK Desanya.

“Pada lomba desa ini tujuannya utama bukanlah hanya untuk menang, tetapi juga dibalik pelaksanaan lomba desa ini kita dapat memperoleh satu tahap pengetahuan untuk menjadi lebih baik dalam mengelola manajemen desa dalam meningkatkan SDM,” kata Yanti.

“Dalam lomba desa juga seperti yang sudah disampaikan terdapat beberapa unsur yang harus dipenuhi dimana salah satunya adalah PKK, yang menilai bagaimana pelaksanaan kegiatan pada PKK Desanya dan apakah empat pokjanya sudah bergerak didalam bidang dimasing-masing pokja,” tambahnya.

Pada acara tersebut juga dilaksanakan sosialisasi tentang penanganan virus chorona oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana Kabupaten Sekadau kepada seluruh tamu undangan dan diakhiri dengan foto bersama.