Pemerintah Kabupaten Sekadau Gelar bimbingan Manasik Haji Tahun 1441 H/ 2020 M

Pemerintah Kabupaten Sekadau Gelar bimbingan Manasik Haji Tahun 1441 H/ 2020 M

Pemerintah Kabupaten Sekadau Gelar bimbingan Manasik Haji Tahun 1441 H/ 2020 M

 

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Pemerintah Kabupaten Sekadau menggelar kegiatan Bimbingan Manasik Haji Tahun 1441 H/ 2020 M yang dilaksanakan di Mes Pemda, Jalan Merdeka Barat, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kamis (19/3). Bimbingan Manasik Haji dibuka langsung oleh Bupati Sekadau, Rupinus mengusung tema “Dengan Bimbingan Manasik Haji Kita Tingkatkan Pengetahuan dan Pemahaman Kepada Jamaah Calon Haji Semoga Mendapat Haji yang Mabrur dan Mabrurah”.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sekadau, Rupinus dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan manasik haji ini merupakan kesempatan berharga bagi jamaah calon haji Kabupaten Sekadau untuk meningkatkan pengetahuan dan membangun rasa kebersamaan sehingga dapat memperlancar pelaksanaan ibadah haji.

“Kegiatan Manasik Haji yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sekadau ini merupakan suatu kewajiban Pemerintah dalam memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap jamaah calon haji sebagaimana yang diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah,” jelas Rupinus.

“Kepada Bapak dan Ibu para jamaah calon haji Kabupaten Sekadau, kami mengucapkan selamat mengikuti kegiatan manasik haji ini dan pergunakanlah waktu serta kesempatan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menjadi bekal yang berharga dalam melaksanakan perjalanan serta rangkaian ibadah haji ditanah suci nantinya,” tambahnya.

Kegiatan Manasik haji Pemerintah Kabupaten Sekadau dilaksanakan dengan maksud untuk memberikan pembinaan dan pelayanan serta perlindungan bagi jamaah calon haji Kabupaten Sekadau dalam persiapan pemberangkatan untuk pelaksanaan rangkaian ibadah haji ditanah  suci Mekah dan Madinah.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau, Tengku indra Kesuma menjaelaskan jumlah kuota jamaah haji Kalimantan Barat tahun 2020. Ia menghimbau kepada seluruh jamaah calon haji Kabupaten Sekadau untuk tidak panic akan adanya wabah yang saat ini sedang terjadi, karena ini semua merupakan kehendak dari Allah SWT.

“Pada kesempatan ini perlu saya sampaikan bahwa kuota jamaah haji Kalimantan Baratberjumlah 2519 orang,terbagi dari 17 orang TPHD dan 25 orang lansia, untuk yang lansia tidak dibagi perKabupaten tetapi berdasarkan umur yang tertua dari jamaah haji Kalimantan Barat, dan pada Kabupaten Sekadau tahun ini kita tidak memiliki jamaah lansia,” jelas Indra.

“Situasi saat ini dikabarkan sangat mencekam karena adanya wabah Covid-19, tetapi sebenarnya tidak, Alhamdulillah ibadah kita tidak terpengaruh dari adanya wabah ini, yang terpenting kita selalu menjaga syariat dengan menjaga hidup sehat dan rutin mencuci tangan serta membersihkan diri,” tambahnya.

Diselenggarakannya Bimbingan Manasik Haji adalah untuk memberikan bimbingan kepada para jamaah calon haji agar mengetahui, memahami dan menghayati setiap amalan dalam pelaksanaan ibadah haji bik rukun, wajib, maupun sunahnya.

(MadahSekadau/Amd/Komi)