Pemerintah Kecamatan Belitang Hulu Terima Bantuan APD dan Sembako dari Perusahaan Setempat

Pemerintah Kecamatan Belitang Hulu Terima Bantuan APD dan Sembako dari Perusahaan Setempat

Pemerintah Kecamatan Belitang Hulu Terima Bantuan APD dan Sembako dari Perusahaan Setempat

 

Belitang Hulu, Madah Sekadau – Belitang Hulu, MadahSekadau – Sejumlah perusahaan di Belitang Hulu bersinergi dengan gugus tugas kecamatan untuk pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Salah satu bantuan dari PT. Cakradaya Sukses berupa masker, disinfektan dan sembako yang diterima oleh Camat Belitang Hulu, Yohanes Dempek dikantor kecamatan, Senin (20/4/2020).

Sejauh ini terdapat tiga perusahaan yang turut berpartisipasi yaitu : PT. Cakradaya Sukses, PT. Green Utama Mandiri, dan PT. Kalimantan Bina Permai.

Dalam wawancara dengan Camat Belitang Hulu diruang kerjanya disampaikan bahwa peran serta perusahaan ini sesuai dengan himbauan pemerintah tentang kewajiban perusahaan untuk turut serta membantu penanganan penyebaran Covid-19 baik dilingkungan internal perusahaan maupun terhadap masyarakat sekitar perusahaan.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Kalbar Nomor 500/0925/Ass.2 tentang Penyaluran CSR Perusahaan di Provinsi Kalbar.

“Sejauh ini pihak perusahaan diantaranya telah melakukan pembagian masker dan penyemprotan. Kemudian ada pembagian sembako diwilayah binaan masing-masing perusahaan,” kata Yohanes Dempek.

Penyaluran bantuan dari pihak perusahaan dilakukan secara berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan dan tindakan tertentu yang diperlukan. Dalam kesempatan yang sama pihak PT GUM menyampaikan komitmen perusahaan untuk bersama-sama dengan gugus tugas mengatasi penyebaran Covid-19 diwilayah Belitang Hulu.

“Himbauan pemerintah tetap kita jalankan kemudian ini sebagai wujud rasa sensitif perusahaan bagi masyarakat sekitar pada masa pandemi virus corona ini. Lebih kepada keadaan setempat selain dari peraturan itu sendiri,” ujar Humas PT. GUM, Ricky Setiawan.

Wujud partisipasi penangan pencegahan Covid-19 dari perusahaan diantaranya; pembagian APD bagi tenaga medis, pembagian masker, penyemprotan disinfektan terhadap fasilitas umum dan rumah-rumah masyarakat, pembagian makanan bagi petugas jaga pos Covid-19 dan sembako diwilayah kerja masing-masing perusahaan.

Secara umum Kecamatan Belitang Hulu telah mempersiapkan antisipasi penyebaran Covid-19, terutama dengan mengiatkan gugus tugas yang telah terbentuk.

“Sementara orang hilir mudik kita stop dulu terutama orang dari wilayah luar dan terdampak virus corona, begitu juga anak-anak sekolah dari Pontianak dan pulau Jawa sementara distop dulu, setiap Muspika harus waspada terhadap hal ini” tambah Yohanes Dempek.

Perlu diketahui bahwa Kecamatan Belitang Hulu telah membangun dan mengaktifkan posko jaga dikampung-kampung yang berbatasan langsung dengan wilayah luar.

Berdasarkan data resmi informasi Covid-19 Kabupaten Sekadau piko.sekadaukab.go.id pada Kamis, (23/4/2020) di Belitang Hulu tercatat jumlah OPD (0), PDP (0), dan reaktif rapid test (0). (MadahSekadau/Aan/Komi)