Izin Menara Antena Telekomunikasi

Izin Menara Antena Telekomunikasi

Izin Menara Antena Telekomunikasi

 

No.

Komponen

Uraian

 

1.

 

Dasar Hukum

 

  1. Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi;
  3. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 02/PER/M.KOMINFO/3/2008  tentang Pedoman Pembangunan dan Penggunaan Menara Bersama Telekomunikasi.
  4. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 23/PER/M.KOMINFO/04/2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Urusan Pemerintah Sub Bidang Pos dan Telekomunikasi;
  5. Peraturan Bupati Sekadau Nomor  14 Tahun 2018 tentang Pendelegasian Kewenangan Penandatangan Penerbitan Perizinan Dan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Sekadau;

 

2.

 

Persyaratan Pelayanan

 

Mengisi formulir permohonan izin yang bermaterai Rp. 6.000,- dilengkapi dengan persyaratan :

  1. Rekomendasi SKPD teknis terkait;
  2. Foto copy KTP;
  3. Foto copy Akta Pendirian Perusahaan;
  4. Foto copy NPWP;
  5. Foto copy NPWPD/ Fiskal tahun terakhir;
  6. Pas photo ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar;
  7. Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPL), Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL);
  8. Rekomendasi Desa;
  9. Rekomendasi Camat;
  10. Gambar rencana sarana dan prasarana bangunan;
  11. Foto copy sertifikat tanah/pernyataan sewa atau kontrak;
  12. Mengisi Surat Pernyataan Perusahaan tentang keikutsertaan karyawan dalam BPJS yang bermaterai Rp. 6.000,-;
  13. Surat kuasa bermaterai Rp. 6.000,- dilampiri KTP pihak yang diberi kuasa (apabila penyampaian permohonan tidak dilakukan sendiri oleh pemohon);

 

 

3.

 

Mekanisme dan Prosedur

 

  1. Pengambilan formulir dan informasi permohonan  di loket  front office (FO);
  2. Pengajuan berkas permohonan untuk dilakukan verifikasi di loket front office (FO);
  3. Apabila berkas permohonan dinyatakan lengkap maka dapat diterima dan diberi nomor pendaftaran serta dilakukan pencatatan, jika berkas tidak lengkap akan dikembalikan kepada pemohon oleh petugas front office (FO);
  4. Berkas yang telah diverifikasi oleh front office dilanjutkan pemrosesannya oleh petugas Back Office (BO);
  5. Dilakukan peninjauan lapangan oleh DPMPTSPTK bersama dengan Tim Teknis untuk menentukan memenuhi syarat atau tidaknya usaha/kegiatan untuk dikeluarkan izin dan dibuatkan BAP Tim Teknis yang diketahui atasan langsung Tim Teknis ( apabila diperlukan );
  6. Berdasarkan  BAP Teknis, jika permohonan disetujui maka perizinan diproses. Jika permohonan ditolak maka disiapkan surat pengembalian dokumen kepada pemohon. Jika permohonan disetujui dengan syarat maka disampaikan surat kepada pemohon untuk segera memenuhi syarat yang ditentukan agar proses perizinan dapat dilanjutkan;
  7. Permohonan perizinan yang telah disetujui untuk dapat diterbitkan dilanjutkan prosesnya dan dilakukan pencetakan sertifikat izin;
  8. Penyerahan sertifikat izin  oleh petugas Front Office (FO).

 

 

4.

 

Jangka Waktu Penyelesaian

 

5  Hari Kerja

 

5.

 

Biaya /Tarif

 

0,-

 

6.

 

Produk Pelayanan

 

Sertifikat Izin Menara Antena Telekomunikasi

 

 

7.

 

Penangan Pengaduan, saran dan masukan

 

Melalui kotak saran dan pengaduan, Surat, Telpon/ Fax (0564) 2042075 dan melalui petugas loket pengaduan;