Pengantar Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan untuk Jasa Kontruksi

Pengantar Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan untuk Jasa Kontruksi

Pengantar Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan untuk Jasa Kontruksi

 

No.

Komponen

Uraian

 

1.

 

Dasar Hukum

 

  1. Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional;
  2. Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial;
  3. Peraturan pemerintah Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian Bagi Pekerja Harian Lepas, Borongan, dan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu Pada Sektor Jasa Konstruksi;
  4. Peraturan Gubernur Kalimantan Barat Nomor 48 Tahun 2017 tentang ......
  5. Peraturan Bupati Sekadau Nomor  14 Tahun 2018 tentang Pendelegasian Kewenangan Penandatangan Penerbitan Perizinan Dan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tenaga Kerja Kabupaten Sekadau

 

2.

 

Persyaratan Pelayanan

 

Mengisi formulir pendaftaran proyek jasa konstruksi yang dilengkapi foto copy Surat Perintah Kerja ( SPK ).

 

 

3.

 

Mekanisme dan Prosedur

 

  1. Pengambilan formulir dan informasi permohonan  di loket  front office (FO);
  2. Pengajuan berkas permohonan untuk dilakukan verifikasi di loket front office (FO);
  3. Apabila berkas permohonan dinyatakan lengkap maka dapat diterima dan diberi nomor pendaftaran serta dilakukan pencatatan, jika berkas tidak lengkap akan dikembalikan kepada pemohon oleh petugas front office (FO);
  4. Berkas yang telah diverifikasi oleh front office dilanjutkan pemrosesannya oleh petugas Back Office (BO);
  5. Dilakukan peninjauan lapangan oleh DPMPTSPTK bersama dengan Tim Teknis untuk menentukan memenuhi syarat atau tidaknya usaha/kegiatan untuk dikeluarkan izin dan dibuatkan BAP Tim Teknis yang diketahui atasan langsung Tim Teknis ( apabila diperlukan );
  6. Berdasarkan  BAP Teknis, jika permohonan disetujui maka perizinan diproses. Jika permohonan ditolak maka disiapkan surat pengembalian dokumen kepada pemohon. Jika permohonan disetujui dengan syarat maka disampaikan surat kepada pemohon untuk segera memenuhi syarat yang ditentukan agar proses perizinan dapat dilanjutkan;
  7. Permohonan perizinan yang telah disetujui untuk dapat diterbitkan dilanjutkan prosesnya dan dilakukan pencetakan sertifikat izin;
  8. Penyerahan sertifikat izin  oleh petugas Front Office (FO).

 

 

4.

 

Jangka Waktu Penyelesaian

 

5  Hari Kerja

 

5.

 

Biaya /Tarif

 

0,-

6.

Produk Pelayanan

Pengantar Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan untuk Jasa Kontruksi

 

7.

 

Penangan Pengaduan, saran dan masukan

 

Melalui kotak saran dan pengaduan, Surat, Telpon/ Fax (0564) 2042075 dan melalui petugas loket pengaduan;