Bupati Sekadau Buka Pelaksanaan Rakon Tim Penggerak PKK Sekadau

Bupati Sekadau Buka Pelaksanaan Rakon Tim Penggerak PKK Sekadau

Bupati Sekadau Buka Pelaksanaan Rakon Tim Penggerak PKK Sekadau

 

Sekadau Hilir – Madah Sekadau, Bupati Sekadau, Rupinus Menyambut baik pelaksanaan rapat konsultasi (Rakon) Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau yang dilaksanakan di Gedung Kateketik, Jalan Merdeka Selatan, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kamis (27/6). Rapat Konsultasi (Rakon) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh  Tim Penggerak PKK setiap tahunnya.

Bupati Sekadau, Rupinus dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan rapat rutin setiap tahunnya. Hal ini sebagai langkah untuk mengevaluasi program dengan melibatkan instansi terkait lainnya.

“Kami sangat menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Apalagi ini membantu juga sangat membantu pemda dalam melaksanakan program kegiatan yang menyentuh masyarakat secara langsung,” ucap Rupinus.

 PKK memiliki 10 program pokok yang  tiap-tiap pokjanya memiliki kaitan dengan dinas terkait misalnya seperti di pendidikan ada PAUD, Antisipasi stunting, gizi buruk, posyandu dan lain sebagainya. Tak hanya itu, dalam programnya juga ada pemanfaatan perkarangan sesuai hatinya PKK.

PKK memiliki struktur kepengurusan mulai dari pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan hingga ke desa-desa, Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus PKK berada hingga di desa, jadi merekalah yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Mereka tahu persoalan yang ada di masyarakat, sehingga perlu Koordinasi, Nanti akan dibantu, disupport melalui dinas terkait agar program PKK bisa diterapkan dimasyarakat secara maksimal.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Kristina Rupinus mengatakan, rakon tersebut dilaksanakan rutin setiap tahunnya sebagai tindaklanjut dari implementasi kegiatan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau dengan tetap mengacu pada hasil rapat konsultasi Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar. Hal ini Bertujuan untuk menyelaraskan dengan hasil rakernas PKK dengan program prioritas.

“Adapun program prioritas tersebut diantaranya, pola asuh anak dan remaja, pelatihan pengelolaan program dan penyuluhan, pemberdayaan ekonomi keluarga. Kemudian, pemanfaatan hatinya PKK, PHBS dan posyandu,” tuturnya.

Kristina mengatakan, melalui rakon tersebut dapat menghimpun saran dan pendapat untuk menyempurnakan program kerja. Sehingga, program dapat dilaksanakan dengan baik. Dalam pengelolaan program kerja juga bersinergi dengan instansi terkait yang mengacu pada program pemerintah daerah sebagai mitra kerja.

“Harapan kami kerjasama kemitraan PKK dengan instansi terkait yang selama ini telah terjalin dan berjalan dengan baik perlu terus dipelihara, dibina bahkan ditingkatkan. Kami berharap dan berpesan kepada PKK kecamatan dan desa untuk tetap melaksanakan kegiatan dalam mendukung 10 program pokok PKK di kecamatan dan desa,”.

Selain itu, melalui kegiatan tersebut juga untuk mengevaluasi program kerja PKK dan memotivasi para pengurus PKK serta menambah wawasan dengan berbagi pengalaman. Sehingga, kedepan bisa lebih optimal, berkualitas dan manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat dalam membantu pemerintah daerah melaksanakan pembangunan keluarga demi tercapainya kesejahteraan keluarga. (MadahSekadau/Edo).