Panen Cabai di Desa Rirang Jati, Bupati Sekadau : Sungguh Mengembirakan

Panen Cabai di Desa Rirang Jati, Bupati Sekadau : Sungguh Mengembirakan

Panen Cabai di Desa Rirang Jati, Bupati Sekadau : Sungguh Mengembirakan

 

Nanga Taman, Madah Sekadau – Bupati Sekadau Rupinus melaksanakan panen cabai kelompok tani sumber makmur di Desa Rirang Jati Kecamatan Nanga Taman, Kamis (19/9). Cabai yang dipanen adalah berjenis cabai rawit cakra.

Rupinus mengatakan hasil panen cabai yang telah dilakukan oleh kelompok tani sumber makmur ini sudah sangat baik, sehingga ia berharap tanaman cabai tersebut dapat menjadi salah satu alternatif lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Panen cabai ini sangat luar biasa, dari hasil laporan kelompok tani mereka sudah beberapa kali melakukan panen sampai dengan hari ini dan hasilnya yaitu kurang lebih sekitar 132 jutaan lebih selama 3 bulan, jadi ini sungguh sangat mengembirakan”,Ujarnya.

“Jadi harapan kita cabai ini bisa menjadi salah satu alternatif lapangan pekerjaan bagi masyarakat, sehingga masyarakat tidak hanya menanam padi. Tetapi juga banyak inovasi  dan alternatif lainnya yang bisa menjadi usaha atau ditanam untuk menghasilkan dan meningkatkan kesejahteraan para petani”,Ucap Rupinus.

“Dukungan kita dari pemerintah tentu sudah jelas, kerena ini salah satu program dari pemerintah, dimana kita berikan bantuan berupa bibit, pupuk dan tiang penyangga tanaman, jadi tinggal bagaimana para petani berusaha dan terus bekerja”,Pungkasnya.

Kelompok tani sumber makmur sebetulnya memiliki lahan sekitar 10 hektar, namun baru sekitar 7 hektar yang sudah efektif ditanami cabai rawit cakra ini. Hasil dari panen cabai kelompok tani sumber makmur bisa mencapai 400-500 kg/minggu, dan dalam kurun waktu 3 bulan hasil panen sudah mencapai 3.147 kg.

“Lahan yang dimiliki kelompok sumber makmur itu adanya 10 hektar, tapi yang telah kita kelola yaitu sekitar 7 hektar dan 3 hektar masih kita proses untuk diladangkan”,Ungkap salah satu anggota kelompok tani, Agus Suheri.

“Perminggunya kita bisa memanen sampai 400 atau 500 kilo gram, dan biasanya untuk harga jual berkisar Rp.47.000 per kilonya, namun itu dapat berubah-ubah menyesuaikan dengan konidisi dilapangan”,Ungkapnya.

Selesai memanen cabai, Bupati Sekadau Rupinus beserta rombongan melakukan acara ramah tamah bersama kelompok tani sumber makmur serta masyarakat di Desa Rirang Jati. (Madah Sekadau/Yandi/Tian)