Rupinus Buka Kegiatan MTQ Ke-VI Kabupaten Sekadau

Rupinus Buka Kegiatan MTQ Ke-VI Kabupaten Sekadau

Rupinus Buka Kegiatan MTQ Ke-VI Kabupaten Sekadau

 

Nanga Mahap, Madah Sekadau – Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-VI Kabupaten Sekadau Tahun 2019 yang dilaksanakan di lapangan sepak bola Kecamatan Nanga Mahap secara resmi dibuka, Senin (18/11/2019). Pembukaan kegiatan MTQ tersebut ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati Sekadau Rupinus.

Dalam sambutannya, Rupinus mengatakan bahwa penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran di Nanga Mahap ini, tentunya merupakan kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Daerah dan panitia penyelenggara beserta seluruh lapisan masyarakat di Kecamatan Nanga Mahap yang telah berupaya secara sungguh-sungguh dan penuh keiklasan menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan MTQ ini.

“Mudah-mudahan gema dan syiar pada saat dan pasca MTQ tahun ini, memberikan berkah bagi jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau dan seluruh masyarakat Kecamatan Nanga Mahap khususnya, dan masyarakat Kabupaten Sekadau pada umumnya”,Kata Rupinus.

“Momentum MTQ selayaknya dapat menjadi media untuk melakukan evaluasi terhadap kemampuan kaum muslimin dan muslimat dalam penguasaan seni baca tulis, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an yang selanjutnya diamalkan dan diterapkan dalam pola pikir, tutur kata dan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari”,Ungkapnya.

Rupinus berharap melalui kegiatan MTQ tersebut dapat membawa pencerahan ke arah yang lebih baik bagi masyarakat Kabupaten Sekadau.

“Saya berharap, melalui MTQ ini dapat membentuk karakter insane pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri dan berdaya saing, membentuk manusia yang seutuhnya, manusia yang tahan uji, manusia yang peduli kepada sesama, toleran, manusia yang berguna bagi pembangunan Kabupaten Sekadau yang tercinta”,Pungkasnya.

Sementara itu Ketua LPTQ Kabupaten Sekadau, Nurhadi Mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ tersebut memegang peran yang sangat strategis, karena para qori dan qoriah yang mendapat juara akan mewakili Kabupaten Sekadau untuk ajang ditingkat Provinsi.

“Pelaksanaan MTQ pada hari ini memegang peran yang strategis, karena memang qori dan qoriah yang pada MTQ ini yang mendapat juara, akan mewakili Kabupaten Sekadau untuk ajang ditingkat Provinsi yang insyaAllah akan dilaksanakan pada bulan April 2020 di Kabupaten Sekadau selaku tuan rumah”,Ujar Nurhadi.

“kami harapkan dan kami meletakan pundak tanggung jawab ke dewan hakim untuk bekerja dalam memberikan penilaian kepada qori dan qoriah, hafiz dan hafizah, sehingga yang hadir sebagai pemenang itu merupakan hasil seleksi dan bisa membawa nama baik Kabupaten Sekadau ditingkat Provinsi Kalimantan Barat”,Ungkapnya.

Kegiatan MTQ ke VI tingkat Kabupaten Sekadau dilaksanakan selama 6 hari mulai tanggal 18 November sampai dengan 23 November 2019. Peserta kegiatan diikuti oleh seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Sekadau, kafilah dari Kecamatan Sekadau Hilir berjumlah 75 orang, Sekadau Hulu berjumlah 65 orang, Nanga Taman berjumlah 70 orang, Belitang Hilir berjumlah 45 orang, Belitang 40 orang, Belitang Hulu 35 orang, dan Kecamatan Nanga Mahap selaku tuan rumah berjumlah 75 orang. (Madah Sekadau/YD/Wido/Komi)