Dinas PMD Kab.Sekadau Laksanakan Rakor Program Inovasi Desa

Dinas PMD Kab.Sekadau Laksanakan Rakor Program Inovasi Desa

Dinas PMD Kab.Sekadau Laksanakan Rakor Program Inovasi Desa

 

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sekadau melaksanakan rapat koordinasi II program inovasi desa (PID), bertempat di mess pemda Kabupaten Sekadau, Selasa (10/12/2019). Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten III Administrasi Umum Setda Kabupaten Sekadau, Sapto Utomo. 

Dalam sambutannya, Sapto Utomo mengatakan program inovasi desa merupakan cara-cara inovatif desa dalam mengelola dan memanfaatkan anggaran desa untuk perencanaan pembangunan yang didokumentasikan melalui proses yang sistematis, untuk kemudian disimpan dan disebarluaskan sebagai rujukan perencanaan pembangunan desa-desa lain.

“Program inovasi desa merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan agenda nawacita dalam RPJMN 2015-2019, PID dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan Undang-undang No 6/2014 tentang desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas,”Terang Sapto.

“Pelaksanaan PID di Kabupaten Sekadau sejak tahun 2018, telah dapat melembagakan bursa inovasi desa (BID) yang merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa,”Ungkapnya.

Dikatakan, secara umum tujuan program inovasi desa adalah mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekomoni perdesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian desa.

Sapto menambahkan bahwa, melalui program inovasi desa ini diharapkan adanya praktek cerdas yang tepat sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan melalui proses identifikasi, validasi, dokumentasi, proses pertukaran pengetahuan atau eksposisi dan replikasi yang dilaksanakan desa melalui tim pelaksana inovasi desa. (Madah Sekadau/YD/Melky)

YD