Kementerian Agama Kabupaten Sekadau Laksanakan Upacara Peringatan HAB ke-74 Tahun 2020

Kementerian Agama Kabupaten Sekadau Laksanakan Upacara Peringatan HAB ke-74 Tahun 2020

Kementerian Agama Kabupaten Sekadau Laksanakan Upacara Peringatan HAB ke-74 Tahun 2020

 

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Kementerian Agama Kabupaten Sekadau menggelar upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-74 Tahun 2020 yang dilaksanakan di lapangan upacara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sekadau, Jumat (3/1). Upacara peringatan tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Zakaria yang bertindak sebagai pembina upacara.

Kementerian Agama dibentuk pada 3 Januari 1946 dengan Menteri Agama pertama Haji Mohammad Rasjidi. Kementerian Agama lahir di tengah kancah revolusi fisik bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Zakaria menjelaskan bahwa Kementerian Agama merupakan lembaga Pemerintah Pusat maupun Daerah untuk dapat menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama ditanah air, serta modal bersama untuk membangun Negara dan menjaga integrasi nasional.

“Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu, seluruh jajaran Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual ditengah masyarakat,” jelas Zakaria.

“Saya perlu menegaskan disini bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam “satu kotak untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara,” tegasnya.

Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke 74 dimaksudkan untuk merefleksikan rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, serta penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama.

Upacara peringatan HAB Kementerian Agama ke 74 tahun 2020 yang mengusung tema “Umat Rukun, Indonesia Maju” tersebut diikuti oleh ASN, Forkopimda, Guru Agama, Siswa/Sisiwi SMP sederajat serta para Tokoh Agama di Kabupaten Sekadau. (MadahSekadau/Amd)