Kemeriahan Misa Imlek di Gereja Santo Petrus dan Paulus, Bupati Sekadau Aron Didaulatkan Nyalakan Kembang Api

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Bupati Sekadau Aron, SH seusai perayaan misa Imlek ikut membaur bersama ribuan umat katolik menyaksikan atraksi naga, pesta kembang api dan tari tarian bernuansa imlek oleh anak anak warga Tionghoa di depan halaman gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus Sekadau, Sabtu malam 10 Februari 2024.

Pada Momen yang bersejarah ini, Bupati Sekadau Aron didaulatkan untuk menyalakan kembang api yang sudah disiapkan oleh panitia di depan halaman Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus Sekadau, kemudian untuk penyulutan mercon panjang seperti menyerupai rantai dilakukan Pastor Paroki Pastor Martinus dan Ketua MABT Harianto.

Perayaan Misa imlek setiap tahunnya dirayakan di Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus Sekadau. Pada Misa Ekaristi Kudus Perayaan Imlek yang diselenggarakan di Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus Sekadau, tidak semata-mata diikuti umat etnis Tionghoa saja namun juga seluruh Umat Katolik dari berbagai etnis/suku yang ada di Kabupaten Sekadau.

Nuansa merah dan hiasan lampion lampion turut menghiasi gereja katolik santo Petrus dan Paulus Sekadau. Ribuan umat yang hadir, mayoritas mengenakan busana berwarna merah. Merah melambangkan sukacita dan kegembiraan.

Ketua Panitia Perayaan Imlek Kimsen dalam sambutannya mengatakan tahun ini pada Perayaan Imlek tahun 2024, yang dikenal sebagai tahun Naga Kayu, perayaan Misa Ekaristi Kudus diselenggarakan dengan nuansa Tionghoa, seperti ornament yang sarat dengan warna merah menghiasi gereja serta nyanyian puji-pujian berbahasa mandarin.

“Jadi pada saat Misa Ekaristi Kudus Inkulturasi Budaya Imlek, pilihan puji-pujian ada yang berbahasa mandarin,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Sekadau Aron, SH mengatakan perayaan Imlek dimaknai sebagai rasa syukur kepada Tuhan yang maha esa dan sebagai momentum untuk memohon kepada Tuhan yang maha kuasa untuk diberikan kesehatan, keberuntungan dan rejeki yang melimpah.

“Atas nama pemerintah daerah Kabupaten Sekadau, kami mengucapkan selamat merayakan Imlek 2575 Kongzili kepada seluruh umat Tionghua di Kabupaten Sekadau dan secara khusus di tempat ini. Gong Xi Fa Cai ” Bupati Aron menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Imlek.

“Semoga kita semua selalu diberkahi oleh kebahagian, selalu diberkahi oleh kemakmuran serta rejeki yang melimpah,” Tutur Bupati Sekadau Aron. (Madah Sekadau/Yd/HT)

 

(Madah Sekadau/Yd/Tono)

Bagikan :
error: Konten di Proteksi