Kendalikan Inflasi, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Gelar Pangan Murah

Sekadau Hilir, Madah Sekadau – Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau lakukan Gelar Pangan Murah (GPM) di halaman Kantor Camat Sekadau Hilir, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kamis (24/11/2022).

Kegiatan Gelar Pangan Murah yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat ini diadakan dalam rangka Gerakan Pengendalian Inflasi Pangan dan Menjelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN).

Ketika diwawancarai, Heronimus Hero selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat mengatakan bahwa tujuan kegiatan Gelar Pangan Murah ini adalah untuk pengendalian inflasi serta masih dalam rangka hari pangan sedunia dan kemudian juga menyongsong hari besar keagamaan nasional.

Heronimus juga mengatakan bahwa kegiatan Gelar Pangan Murah ini digelar di seluruh Kalimantan Barat terutama kota-kota indikator inflasi yaitu Pontianak, Singkawang dan Sintang.

“total di Kalimantan Barat untuk Gelar Pangan Murah, telah kita siapkan 26 ribu paket dengan rincian jumlah 2000 paket untuk kota indikator inflasi dan 1000 paket untuk kota yang bukan merupakan indikator inflasi,” sebut Heronimus.

Dijelaskan oleh Heronimus bahwa selain pengendalian inflasi melalui Gelar Pangan Murah ini, Dinas Ketahanan Pangan berkerjasama dengan Pemerintah Kabupaten juga menyalurkan dalam bentuk bantuan sosial (bansos) dengan target sasaran masyarakat miskin kebawah.

Diketahui sebelumnya sekadau juga sudah menerima bansos sebanyak 600 paket yang penerimanya dipilih oleh Pemerintah Kabupaten yang diserahkan ke kecamatan untuk memilih masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Pada Gelar Pangan Murah ini, masyarakat membayar tetapi disubsidi oleh Pemerintah Provinsi yang dimana harga satu paket sekitar 180 ribu tetapi Pemerintah memberi subsidi sebanyak 80 ribu sehingga masyarakat cukup membayar 100 ribu.

Heronimus juga berharap kegiatan Gelar Pangan Murah ini bisa mengendalikan permintaan dipasar sehingga harga barang khususnya makanan pokok seperti beras, tepung, gula dan minyak goreng tidak naik karena permintaannya telah digeser ke Gelar Pangan Murah ini.

Djoko Dwi Maryono selaku Camat Sekadau Hilir juga berharap agar kedepannya paket sembako yang dibagikan jumlahnya dapat lebih banyak lagi dan bukan hanya ini, karena masih banyak masyarakat yang juga membutuhkan tetapi tidak bisa mendapatkan paket sembako karena keterbatasan jumlah yang dibagikan.

Untuk paket komoditi pangan yang dibagikan kepada masyarakat terdiri dari beras premium 5 Kg, gula pasir 2 Kg, minyak goreng premium 1800 ml, margarin 2 bungkus, tepung terigu 1 Kg dan krimmer kental manis 2 kaleng. (Madah Sekadau/Wan/Edo/AK).

Bagikan :